4 Jenis Tanaman Sayuran yang Cocok untuk Lahan Kecil, Berminat?

Ilustrasi tanaman yang cocok di lahan kecil. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 7 Juli 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Lahan yang luas memang cocok untuk ditanami tanaman sayuran. Biasanya, tanaman sayuran membutuhkan ruang yang cukup besar untuk tumbuh.

Namun, keinginan menanam sayuran juga bisa dilakukan di rumah. Meskipun memiliki lahan terbatas tetapi seseorang bisa mengakalinya dengan memiliki tipe tanaman sayuran yang sesuai dengan lahannya.

Menanam tanaman sayuran memang bisa menguntungkan. Ketika panen tiba, pemilik tanaman sayuran tidak perlu repot-repot membeli tetapi bisa langsung petik dari pohonnya.

Melansir Gardening Know How, tidak semua sayuran cocok ada di lahan kecil, bahkan ada tanaman yang wajib berada di lahan yang luas. Memilih jenis dan varietas tanaman yang cukup menghasilkan adalah cara termudah untuk meningkatkan produktivitas kebun kecil.

Berikut varietas tanaman yang bisa ditanam di lahan kecil, berminat? 

1. Varietas kompak

Varietas kompak ini dimaksudkan tergantung pada tujuan produktivitas kebun kecil. Tanaman kerdil cocok untuk memenuhi kebutuhan sayuran. Contohnya adalah tomat Tiny Tim, paprika Baby Belle atau mentimun Spacemaster yang termasuk jenis tanaman untuk lahan kecil.

Baca Juga: 4 Jenis Tanaman Sayuran yang Cocok untuk Lahan Kecil, Berminat?
10 Nama Daerah di Indonesia yang Berasal dari Sayuran

2. Pola pertumbuhan

Sayuran semak dan merambat membutuhkan lebih sedikit ruang di lahan kecil. Jenis tanaman seperti ini cocok untuk lahan kecil. Tanaman rambat juga cenderung memiliki masa panen yang lebih pendek.

3. Tanaman Vertikal

Kacang polong, mentimun dan tomat merupakan pilihan populer untuk ditanam secara vertikal, contohnya menggunakan teralis. Melon, bayam dan labu juga bisa ditanam secara vertikal.

4. Musiman

Tanaman musiman cocok untuk lahan kecil. Tanaman ini biasanya akan cepat panen seperti kacang polong, lobak atau selada.

Video Terkait