Mengenal 5 Jenis Jambu Air yang Banyak Diminati

Ilustrsai jenis jambu air. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 11 Juli 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Jambu air merupakan salah satu buah yang selalu ada dalam rujak. Buah yang satu ini memang banyak diminati karena rasanya yang menyegarkan.

Melansir sejumlah sumber, jambu air memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat jambu air diantaranya menjaga kesehatan pencernaan, mengendalikan diabetes dan menjaga kesehatan jantung. Manfaat jambu air lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan sebagai sumber zat besi.

Berdasarkan situs Provinsi Jogja, Jogja Benih, terdapat beberapa jenis jambu air yang populer di masyarakat.

1. Jambu air citra

Jambu air citra disebut sebagai jenis jambu air unggulan karena memiliki ukuran cukup besar dan rasanya sangat manis sehingga sangat nikmat saat dimakan.

2. Jambu air delima

Varietas jambu air delima merupakan jenis khas unggulan kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jambu air ini memiliki kelebihan pada tekstur buahnya yang renyah dan mengandung banyak air.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Jambu Air yang Banyak Diminati
Masuk Musim Panen, Ini Sederet Manfaat Buah Jambu Air

3. Jambu bol

Jenis jambu air yang satu ini memiliki ukuran segenggam tangan orang dewasa. Daging jambu bol tebal sehingga puas untuk dinikmati.

4. Jambu air king rose

Jambu air king rose memiliki ukuran jumbo dengan berat mencapai 250-300 gram. Warnanya merah legam seperti bunga mawar.

5. Jambu air cincalo merah

Jambu air cincalo merah memiliki bentuk seperti lonceng. Jambu ini termasuk varietas unggulan. Rasanya manis dan menyegarkan.