Kunyit Bisa Ditanam di Pot Loh, Begini Caranya

Ilustrasi cara menanam kunyit di pot. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 12 Juli 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Kunyit merupakan bumbu dapur yang biasanya sering digunakan dalam masakan. Selain itu, kunyit juga bermanfaat sebagai tanaman herbal karena fungsinya untuk kesehatan.

Melansir situs Pustaka Setjen Kementerian Pertanian, menanam kunyit bisa dilakukan di dalam pot. Jadi, tidak perlu lahan luas untuk bisa memiliki tanaman herbal ini di rumah.

Cara menanam kunyit di pot bisa dilakukan dengan memilih rimpang yang sudah tua sekitar 7-12 bulan, sehat dan anti-hama. Kemudian, letakkan rimpang di tanah yang lembab dan tidak terkena matahari langsung. Siram setiap sore, lalu ambil dan potong tunas setelah tinggi rimpang 10 sentimeter.

Menanam kunyit di pot juga dipengaruhi oleh media tanamnya. Untuk mendapatkan media tanam yang baik campurkan tanah gembur, kompos dan pupuk dengan perbandingan 2:1:1, lalu aduk rata. Setelah itu siapkan pot dengan diameter 20 sentimeter dan tinggi 40 cm. Masukkan media tanam hingga ketinggian 30 cm.

Baca Juga: Kunyit Bisa Ditanam di Pot Loh, Begini Caranya
Ingin Bikin Kompos Sendiri di Rumah, Begini Caranya

Cara menanam kunyit di pot juga harus memperhatikan langkah penanamannya. Buatlah lubang pada media tanam kurang lebih 8 cm. Kemudian masukkan satu tunas untuk satu pot. Tutupi lubang tanam dan siram secukupnya atau dua sampai tiga hari pada sore hari. Jangan lupa, berikan pupuk sebulan sekali.

Masa panen akan datang setelah kunyit berusia delapan bulan dari masa tanam. Ciri-ciri lainnya saat daun berubah warna menjadi kuning atau layu.

Video Terkait