Jaga Kehidupan Tanaman Lokal, Kementan Cina Akan Tindak Spesies Invasif

tanaman goldenrod Kanada. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 12 Juli 2022 | 18:40 WIB

Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Cina mengatakan bahwa pemerintahnya berjanji akan menindak spesies invasif untuk melindungi keberlangsungan hidup tanaman lokal. 

Melansir Global Times, Selasa (12/7/2022), tindakan pencegahan akan diterapkan oleh Kementerian Pertanian Cina dengan mengatur terminasi tersentralisasi dan fumigasi. Siput Fushou dan tanaman goldenrod Kanada diketahui sebagai spesies invasif yang harus diberantas. 

Pemerintah Cina juga akan meningkatkan sensus spesies invasif di beberapa area seperti lahan pertanian, perikanan perairan, hutan, padang rumput, dan lahan basah untuk mengetahui jumlah, distribusi, area kejadian, dan tingkat kerusakan.

Pencegahan spesies invasif dilakukan terkait dengan ketahanan pangan nasional, biosekuriti, perlindungan lingkungan, dan kesehatan masyarakat. Spesies invasif telah memasuki masa pertumbuhan puncaknya sejak awal musim panas.

Tahun lalu, Kementerian Pertanian Cina menyelenggarakan kegiatan pemberantasan terpusat untuk siput Fushou dan Mikania micrantha di Provinsi Jilin, Provinsi Hunan dan Hubei, Guangdong, Jiangxi, dan Guizhou.

Tanaman invasif dikhawatirkan dapat mengancam flora lokal. Kapasitas reproduksi tanaman invasif seperti goldenrod Kanada dan alelopati dikhawatirkan dapat merusak kestabilan ekosistem dan menjadi ancaman bagi ekosistem lokal.

Sariagri - Para ahli mengatakan bahwa goldenrod Kanada sangat umum dijumpai di beberapa kota seperti Shanghai. Namun, tanaman itu juga muncul di berbagai provinsi di lembah Sungai Kuning dalam beberapa tahun terakhir.

Tumbuhnya tanaman invasif menimbulkan bahaya besar bagi daerah-daerah yang sangat bergantung pada tanaman pokok seperti beras. Tanaman super-subur akan bersaing dengan tanaman lokal dan tanaman pokok untuk memperebutkan nutrisi dan air.

Sementara goldenrod Kanada menghasilkan lebih dari 20.000 benih dan dikenal sebagai "pembunuh ekologis." Hal tersebut dikarenakan tidak ada tanaman lain yang dapat bertahan hidup di lokasi goldenrods Kanada tumbuh.

Baca Juga: Jaga Kehidupan Tanaman Lokal, Kementan Cina Akan Tindak Spesies Invasif
Menanam Mentimun di Teralis? Begini Caranya

Menurut laporan terbaru tentang kondisi lingkungan Cina pada 2020, ditemukan lebih dari 660 spesies invasif di negara itu, termasuk 71 yang mengancam atau menyebabkan potensi ancaman terhadap ekosistem alam.

Cina telah merilis empat kumpulan daftar berisi spesies invasif termasuk eceng gondok, Spartina alterniflora, dan Mikania micrantha.

Video Terkait