Dikira Hanya Bumbu Masakan, Ternyata Ketumbar Punya Manfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi ketumbar. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 13 Juli 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Di India, ketumbar dianggap sebagai rempah yang memiliki sejuta khasiat.

Tidak hanya biji ketumbar yang dianggap bermanfaat, tetapi daunnya pun dinilai memiliki nilai gizi. Ketumbar mengandung vitamin K yang berguna untuk tubuh.

Melansir sejumlah sumber, ada beberapa manfaat ketumbar untuk tubuh, diantaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ketumbar adalah untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL.

2. Menjaga kesehatan otak

Manfaat ketumbar juga untuk menjaga kesehatan otak dari sejumlah penyakit seperti parkinson, multiple sclerosis, Alzheimer juga peradangan. Hal ini karena pengaruh sifat anti-inflamasi pada ketumbar.

3. Menjaga saluran pencernaan

Ekstrak biji ketumbar dapat bermanfaat untuk pencernaan seperti mengurangi sakit perut, kembung dan gejala tidak nyaman lainnya.

Baca Juga: Dikira Hanya Bumbu Masakan, Ternyata Ketumbar Punya Manfaat Untuk Kesehatan
Seorang Chef di India Ingin Ketumbar Jadi Ramuan Nasional

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam ketumbar bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas. Senyawa seperti terpinenen, quercetin dan tokoferol dalam kerumbar juga dipercaya memiliki dampak antikanker dan untuk kekebalan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit juga bisa dijaga oleh ketumbar. Antioksidan dari ekstrak ketumbar dapat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan penuaan kulit. Jus daun ketumbar juga bisa mengatasi kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, minyak dan kulit kering.

Video Terkait