Begini Cara menghilangkan Rasa pada Pahit Pada Sayur Genjer

Ilustrasi Genjer (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 18 Juli 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Siapa yang menyukai sayur genjer? Sayur genjer merupakan tumbuhan rawa yang dapat dengan mudah ditemui di sawah atau perairan dangkal. Umumnya, sayur genjer diolah menjadi sayuran tumisan.

Selain enak, sayur genjer memiliki kandungan nutrisi. Tak hanya itu, sayur genjer juga memiliki serat, protein, asam amino, karbohidrat dan vitamin B1.

Namun, dalam pengolahannya tidak boleh sembarangan karena genjer memiliki rasa pahit.

Jika masih bingung menghilangkan rasa pahit pada sayur genjer, ada trik mudah yang bisa dilakukan. Bahan yang perlu disediakan hanya garam.

Pertama, potong sayur genjer dengan ukuran kecil. Setelah itu, taburi dengan garam secukupnya. Remas-remas sayur genjer dengan tangan hingga garam merata dan mengeluarkan air.

Cara ini untuk menghilangkan rasa pahit dan membuat sayur genjer menjadi layu tanpa melewati proses rebus. Setelah garam merata, peras sayur genjer dan cuci sampai bersih.

Sebelum diolah bersama bumbu dan bahan lain, pastikan air sayur genjer sudah diperas juga sehingga benar-benar bersih dan mudah diolah nantinya.

Baca Juga: Begini Cara menghilangkan Rasa pada Pahit Pada Sayur Genjer
Dijamin Sehat, Ini 5 Makanan Detoks Terbaik untuk Tubuh

Sayur genjer kemudian bisa diolah menjadi tumisan. Cara ini cukup ampuh membuat sayur genjer tetap dalam kondisi segar saat dimasak.

Selain hemat waktu, cara mengolah genjer ini juga dapat mempertahankan nutrisi pada sayur genjer. Bonusnya, rasa pahit dalam sayur genjer juga lebih memudar.

Sayur genjer juga bisa diolah menjadi aneka menu masakan lezat yang cocok disantap bersama nasi putih hangat.