Ingin Bunga Kembang Sepatu Tumbuh Subur? Ikuti Tips Berikut

Ilustrasi bunga sepatu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 18 Juli 2022 | 16:50 WIB

Sariagri - Pemupukan kembang sepatu penting untuk menjaganya tetap sehat dan mekar dengan indah. Untuk membuat bunga sepatu subur, sebaiknya gunakan pupuk seimbang. Artinya, kandungan pupuk dan media tanam harus sama jumlahnya.

Ketika menggunakan pupuk cair atau yang larut dalam air, gunakanlah setengahnya saja. Menurut Gardening Know How, penggunaan setengah pupuk untuk menghindari penggunaan yang berlebihan. Pemupukan bunga sepatu yang berlebihan akan mengakibatkan akar terbakar, bunga tidak mekar dan rontok pada daunnya.

Sebaiknya pemupukan bunga kembang sepatu dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun. Selain itu, pemupukan dengan intensitas sering juga bisa dilakukan tetapi dalam kadar yang sedikit saja. Hal ini untuk membantu kembang sepatu tumbuh dengan baik dan sering berbunga.

Baca Juga: Ingin Bunga Kembang Sepatu Tumbuh Subur? Ikuti Tips Berikut
Gak Perlu Beli! 2 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Pupuk Tanaman Cabai

Jika bunga kembang sepatu tumbuh dalam pot, pastikan untuk meletakkan pupuk di tepian. Kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan pemupukan hanya di pangkal batang. Hal itu mengakibatkan pupuk tidak sampai ke akar justru hanya meluas ke tepi pot.

Namun, apabila pemberian pupuk dilakukan secara berlebihan dapat ditanggulangi dengan menambahkan fosfor ke tanah. Hal ini untuk mengembalikan kembang sepatu mekar seperti sedia kala.

Video Terkait