Persik, Buah Kaya Rasa dan Penuh Nutrisi yang Cocok untuk Diet Sehat

Ilustrasi buah persik dicuri. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 18 Juli 2022 | 13:10 WIB

Sariagri - Dikenal karena warna oranye keemasan dan kulitnya yang halus, buah persik kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang menurut penelitian dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan kanker. Semakin segar dan matang buah tersebut, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya.

Buah persik rendah lemak, tinggi potasium dan bebas kolesterol serta sodium. Buah ini juga sarat dengan serat, baik larut dan tidak larut, yang meningkatkan rasa kenyang dan dapat membantu pencernaan yang baik dan kesehatan usus, demikian dikutip dari farmanddairy.com.

Persik cocok dipasangkan dengan sejumlah makanan, misalnya ditambahkan ke salad atau disajikan dengan satu sendok yogurt. Persik juga dapat menambah rasa manis yang nikmat jika dicampur ke dalam minuman seperti teh atau smoothie, atau bahkan dipanggang dalam kabob dengan buah segar lainnya.

Maya Vadiveloo, Profesor di Departemen Nutrisi dan Ilmu Makanan di University of Rhode Island di Kingston mengatakan bahwa buah persik adalah pilihan diet yang baik, karena kandungan nutrisinya yang kaya serta rasanya yang manis dan enak.

 


Kulit buah persik juga dapat dimakan dan merupakan sumber dari banyak antioksidan dan serat, tetapi di sisi lain kulit buah persik juga mungkin mengandung lebih banyak pestisida daripada daging buahnya.

Persik terus matang setelah dipetik. Buah persik yang keras dapat matang selama satu hingga tiga hari bila disimpan pada suhu kamar. Buah ini bisa bertahan hingga seminggu di lemari es. Jika buah persik dibekukan segera setelah dipetik dan sebelum matang, nilai gizinya juga akan tetap bertahan.

Baca Juga: Persik, Buah Kaya Rasa dan Penuh Nutrisi yang Cocok untuk Diet Sehat
Lima Manfaat Sirsak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui



Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Science of Food and Agriculture pada 2012, menemukan bahwa buah persik kalengan sama sehatnya dengan buah persik segar. Tapi pastikan buah ini dikemas tanpa campuran pemanis lain seperti sirup atau tambahan gula.