Penting! 5 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Jambu biji (Foto: Universitas Indonesia)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 24 Juli 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Buah merupakan bahan pangan yang enak untuk dikonsumsi. Tak salah, hampir sebagian orang suka mengonsumsinya untuk kebutuhan tubuh.

Buah juga memiliki manfaat kesehatan. Bahkan tak jarang, banyak yang dijadikan sebagai bahan untuk obat-obatan.

Salah satunya jambu biji, buah yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu ini memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis.

Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C. Penting sekali untuk mengulas manfaat buah-buahan sebagai sumber informasi, dan motivasi bagi Sobat Agri untuk banyak mengonsumsi buah-buahan.

Ini 5 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan, seperti dinukil dari Alodokter:

1. Melawan radikal bebas

Jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Manfaat jambu biji untuk melawan radikal bebas ini tak hanya bisa didapat dari buahnya, tetapi juga daunnya.

Radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu penyakit kanker dan penyakit jantung. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mencegah dan bahkan menghentikan perkembangan sel kanker.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jambu biji lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Pemilik tekanan darah dan kolesterol tinggi mungkin perlu mempertimbangkan manfaat jambu biji yang satu ini. Karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, jambu biji diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol jahat.

Baca Juga: Penting! 5 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan
Cara Mengolah Sayur yang Benar Agar Kandungan Vitamin C Tidak Cepat Rusak

5. Menjaga kesehatan mata

Jambu biji bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A sendiri berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan dan kornea mata.

Apabila seseorang kekurangan vitamin A, berbagai gangguan pada mata, seperti rabun jauh atau kebutaan pada anak-anak, mungkin saja terjadi.

Video Terkait