Bumil Kekurangan HB? Buruan Konsumsi 5 Buah Ini

Ilustrasi buah pisang. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 1 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Sariagri - Pada kondisi sedang hamil, umumnya kondisi kekurangan Hb atau hemoglobin dalam darah rentan menyerang. Hal ini tentu sangat mengganggu ibu hamil karena bisa membuat kepala menjadi pusing.

Kondisi terparahnya jika ibu hamil kekurangan HB dapat mempengaruhi pemberian nutrisi dan oksigen pada janin. Jika sudah terjadi, biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi apabila memang benar-benar diperlukan.

Namun kamu tak perlu cemas, kekurangan Hb rupanya bisa diatasi secara alami dengan mengonsumsi buah-buahan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini buah-buahan yang bisa meningkatkan Hb ibu hamil.

1. Kurma

Buah kurma sudah terkenal dengan khasiatnya yang bisa meningkatkan Hb darah. Kemudian, kurma juga menjadi sumber zat besi dan bisa menambah energi untuk ibu hamil.

Tetapi kamu perlu ingat, untuk selalu membatasi pengonsumsian kurma. Ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Pasalnya, kurma diketahui mengandung gula yang cukup tinggi.

2. Pisang

Asam folat yang ada pada pisang merupakan vitamin B kompleks dan diperlukan tubuh untuk membuat sel darah merah. Apabila ibu hamil kekurangan asam folat dapat menyebabkan kadar hemoglobin juga ikut menjadi rendah.

Guna menambah dan meningkatkan kadar Hb, ada baiknya kamu mengonsumsi sumber alami asam folat seperti buah pisang dan sayuran.

3. Jeruk

Meningkatkan Hb darah tidak hanya melalui zat besi namun juga bisa menggunakan vitamin C yang membantu proses penyerapannya. Ada sejumlah sumber vitamin C yang bisa kamu konsumsi seperti lemon, paprika, tomat, jeruk bali, berry, dan mangga, karena semuanya kaya akan kandungan vitamin-C.

Baca Juga: Bumil Kekurangan HB? Buruan Konsumsi 5 Buah Ini
5 Buah yang Disebut Dalam Alquran dan Khasiatnya untuk Kesehatan

4. Stroberi

Buah stroberi diketahui mengandung banyak vitamin. Selain vitamin buah stroberi juga kaya akan zat besi dan keduanya sangat baik guna membantu meningkatkan Hb secara alami.

5. Delima

Buah delima mengandung zat besi yang baik untuk menambah Hb. Selain itu buah berwarna merah ini juga kaya akan kalsium, protein, serat, vitamin dan mineral lainnya yang juga baik bagi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah delima sebagai camilan sehat untuk membantu menambah Hb secara alami.

Video Terkait