6 Manfaat Besar Buah Duwet yang Baik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Buah Duwet (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Para ibu hamil tentu akan disarankan untuk menjaga pola makan. Bahkan ada sejumlah makanan yang dianggap tidak aman dan bisa membahayakan kondisi janin, salah satunya buah duwet.

Faktanya buah asli India yang belakangan ini sedang populer di Indonesia ini, ternyata justru mampu memenuhi nutrisi janin.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, buah yang dikenal dengan nama jamblang ini sudah dinyatakan aman untuk ibu hamil. Dari penelitian tersebut dikatakan, kulit bayi dalam kandungan tidak akan terpengaruh akibat buah duwet yang berwarna ungu kehitaman.

Berikut ini sederet manfaat buah duwet untuk ibu hamil dan janin

1. Memperkuat Tulang

Vitamin C, kalium dan zat besi pada buah duwet sangat penting untuk membantu proses pembentukan dan perkembangan tulang pada janin. Nutrisi ini juga berguna untuk kesehatan tulang ibu hamil, karena saat hamil kalsium dalam tubuh ibu banyak diserap oleh janin.

2. Mengatasi Sembelit

Buah duwet sudah sangat dipercaya ampuh mengatasi masalah pencernaan seperti maag dan diare. Tak terkecuali bagi sistem pencernaan untuk ibu hamil. Serat dan zat alami antosianin pada buah duwet dapat mengatasi sembelit dan juga diare.

Akan tetapi, untuk ibu hamil harus tetap mengontrol jumlah konsumsi buah duwet karena bisa membuat perut tidak nyaman seperti mual.

3. Mencegah Diabetes

Buah duwet ternyata sangat baik untuk mencegah diabetes gestasional pada ibu hamil. Buah duwet bisa menurunkan kadar gula dan mencegah peradangan yang bisa berbahaya untuk tubuh ibu dan janin.

Dari uji klinis yang pernah dilakukan membuktikan jika buah ini mengandung bahan yang bersifat kemoprotektif dan radioprotektif sehingga menghambat radikal bebas.

4. Mencegah Infeksi

Buah ini mengandung asam oksalat, tanin, asam malat dan asam galat yang bisa mencegah berbagai jenis infeksi. Semua senyawa alami itu bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Bahkan bisa merawat berbagai penyakit yang disebabkan jamur pada ibu hamil.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Ternyata buah duwet sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut pada ibu hamil. Semua ibu hamil biasanya mengalami rasa tidak nyaman pada mulut. Buah ini mengandung bahan untuk melawan perkembangan bakteri dalam mulut.

Baca Juga: 6 Manfaat Besar Buah Duwet yang Baik untuk Ibu Hamil
Mengenal Nectarine, Beserta Segudang Manfaatnya yang Jarang Diketahui

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah duwet ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung kalium. Nutrisi ini akan membantu mengatur detak jantung yang normal dan membuat sistem peredaran darah yang lebih lancar.

Kemudian kandungan seperti antosianin dan antosianidin juga sangat baik untuk menghilangkan kolesterol buruk dari pembuluh darah.

Video Terkait