Ackee, Buah Beracun yang Menjadi Makanan Pokok di Afrika

Buah Ackee jadi makanan pokok meski beracun . (Ist)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Juli 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Buah Ackee bentuknya mirip apel, berasal dari Afrika terkenal beracun. Tetapi orang-orang dari benua itu justru gemar mengonsumsinya sebagai makanan pokok.

Ackee adalah buah eksotik yang hanya bisa tumbuh di benua Afrika. Menurut Wikipedia buah tropis ini banyak dijumpai di negara-negara Afrika barat seperti Kamerun, Gabon, Benin, Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Senegal.

Ackee sebenarnya masih bersaudara dengan buah lengkeng dan leci, merupakan buah yang umum dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh orang Jamaika. Penggunaan ackee dalam kuliner Jamaika sangat sering ditemui.

Ackee bahkan diklaim sebagai buah nasional Jamaika. Buah ini bisa dimakan dalam keadaan matang maupun mentah.

Hidangan ackee yang paling populer adalah buahnya direbus lalu disajikan dengan ikan cod yang sudah diasinkan. Menu ini juga disebut-sebut sebagai hidangan nasional Jamaika.

Walaupun biasa dimakan, buah ini sebenarnya beracun. Biji buah ackee yang berwarna hitam dan tersembunyi dibalik daging buahnya mengandung racun hypoglycin yang bisa mengakibatkan mual dan muntah akut. Dalam kondisi terburuk racun ini dapat membuat orang koma atau meninggal dunia.

Baca Juga: Ackee, Buah Beracun yang Menjadi Makanan Pokok di Afrika
Terbayang Angka dalam Mimpi, Penjual Buah Ini Menang Lotere Rp30 Miliar

Tetapi pengalaman selama berabad-abad tampaknya membuat orang-orang Jamaika ahli dalam mengolah buah ini agar racunnya tidak sampai membahayakan orang yang mengonsumsinya. Sama seperti umbi gadung dari Indonesia, sebenarnya jika diolah dengan benar, racun hypoglycin dalam ackee bisa dinetralisir.

Sebelum dimasak, ackee harus dibersihkan dan dicuci sampai bersih terlebih dahulu.Ackee kemudian direbus selama kurang lebih lima menit. Setelah airnya dibuang, ackee bisa diolah sesuai selera.

Bagaimana pendapat SobatAgri? Tertarik mencoba ackee jika berkunjung ke Jamaika?

 

Video Terkait