Intip Yuk, Bahan Alami yang Bisa Bikin Kuku Sehat dan Indah

Ilustrasi cuka apel. (Freepik)

Editor: Dera - Selasa, 26 Juli 2022 | 12:10 WIB

Sariagri - Memiliki kuku indah dan sehat tentu idaman setiap orang. Selain menambah kepercayaan diri, kuku yang sehat pastinya juga dapat mempercantik penampilan, terlebih pada wanita.

Namun sayangnya, tak sedikit orang mengalami persoalan dengan kuku mereka seperti rapuh dan mudah patah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah seperti kekurangan kalsium dan vitamin, serta penggunaan pembersih berbahan dasar alkohol yang berlebihan.

Nah, jika masalah ini terjadi pada Sobat Agri, tak usah khawatir. Ada sejumlah cara mudah mengatasi kuku yang rapuh. Melansir Egypt Today, berikut sejumlah cara alami untuk membuat kuku sehat dan tidak mudah patah:

Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Kandungan nutrisi minyak zaitun dapat membantu melembabkan semua lapisan kuku, sementara vitamin C dalam lemon akan membantu kuku tumbuh lebih cepat, dan juga membantu mencerahkan kuku.

Tambahkan beberapa tetes jus lemon ke satu sendok makan minyak zaitun dan pijat kuku dengan campuran tersebut. Untuk hasil maksimal, biarkan selama semalaman dan ulangi sebanyak dua kali seminggu.

Minyak Vitamin E

Vitamin E adalah obat terbaik untuk menjaga kuku tetap terhidrasi dan lembab. Selain dapat diminum secara oral, ekstrak minyak vitamin E dalam bentuk kapsul juga dapat dikeluarkan, selanjutnya pijatkan pada kuku.

Untuk hasil terbaik, terapkan cara ini setiap hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal karena sifat anti-jamur dan anti-bakterinya yang membantu melawan infeksi kuku. Campurkan porsi yang sama dari cuka sari apel tanpa filter dengan air dalam mangkuk kecil. Rendam tangan dan kaki dalam campuran selama beberapa menit lalu keringkan. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Intip Yuk, Bahan Alami yang Bisa Bikin Kuku Sehat dan Indah
Apa Benar Makan Buah saat Perut Kosong Bisa Sembuhkan Kanker?



Minyak pohon teh

Minyak pohon teh membantu mengobati kuku yang berubah warna dan melawan infeksi. Encerkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan setengah sendok makan minyak vitamin E. Pijat campuran pada kuku dan biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Video Terkait