4 Bumbu Dapur Paling Ampuh untuk Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi bumbu dapur untuk kesehatan pencernaan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Rabu, 27 Juli 2022 | 10:15 WIB

Sariagri - Sistem pencernaan yang baik adalah tanda kesehatan untuk tubuh. Kesehatan sistem pencernaan juga bergantung pada asupan yang diterima tubuh.

Sistem pencernaan bekerja dalam memecah makanan untuk diserap dalam aliran darah hingga membuang limbah dari sel-sel tubuh.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dibutuhkan asupan yang bermanfaat. Salah satunya adalah bumbu dapur yang juga berguna sebagai herbal untuk tubuh.

Melansir India Times, berikut ini bumbu dapur paling ampuh untuk kesehatan pencernaan:

1. Kunyit

Kunyit termasuk bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Kunyit juga dikenal sebagai Curcuma longa atau bahan aktif curcumin dalam kunyit yang disebut sebagai ramuan anti-inflamasi yang manjur. Sifat anti-inflamasi telah dikenal untuk mencegah dan mengatasi kondisi seperti refluks asam dan perut kembung.

2. Jahe

Jahe termasuk bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan seperti gangguan pencernaan dan asam lambung. Jahe juga membantu mengeluarkan gas dari sistem pencernaan.

Baca Juga: 4 Bumbu Dapur Paling Ampuh untuk Kesehatan Pencernaan
Cap Kupu, Obat Sakit Perut Mujarab Andalan Kaum Pribumi

3. Lada hitam

Lada hitam juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan piperine yang meningkatkan penyerapan nutrisi. Lada hitam meningkatkan sekresi asam empedu dan pemecahan makanan. Dia juga mengeluarkan gas dari sistem pencernaan dan berguna untuk menyembuhkan perut kembung, sendawa dan lainnya.

4. Biji adas

Umumnya digunakan sebagai penyegar mulut, biji adas memiliki beberapa sifat obat yang ramah sistem pencernaan. Biji adas memiliki tindakan antispasmodik yang membantu mengendurkan otot-otot usus yang berkontraksi. Biji adas juga membantu mengeluarkan gas dari sistem pencernaan. Benih sehat ini dapat dimasukkan dalam rencana diet sehat apapun.

Video Terkait