Rutin Mengonsumsi Semangka, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh

Ilustrasi biji semangka. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Minggu, 31 Juli 2022 | 00:00 WIB

Sariagri - Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan saat dikonsumsi. Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak yang dapat mengatasi masalah dehidrasi.

Bukan hanya itu, buah semangka juga memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino, serta bebas lemak yang baik jika dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah semangka yang perlu kamu ketahui, simak manfaatnya.

Kanker

Semangka memiliki kandungan likopen, kandungan inilah yang dapat proliferasi dari sel kanker, sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

Nyeri Otot

Meminum jus semangka secara rutin dapat membantu mengurangi nyeri otot, hal ini karena kandungan asam amino, sitrulin, dan arginina yang akan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Mempertahankan Hidrasi

Karena memiliki kandungan air yang banyak, sehingga dengan mengonsumsi semangka dapat mempertahankan tubuh tetap hidrasi.

Membantu Pencernaan

Seperti yang kamu tahu, semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan karenanya dapat membantu sistem pencernaan. Semangka juga mengandung serat, sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Likopen juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol.

Mencegah Asma

Likopen ternyata memang sangat berkhasiat karena salah satunya menjadi antioksidan utama yang membantu reaksi tubuh terhadap flu. Hal yang lebih menarik adalah antioksidan ini juga dianggap dapat mengurangi serangan asma pada anak-anak.

Semangka juga memungkinkan orang yang menderita asma untuk bernapas dengan baik, tanpa harus mengambil napas dalam keadaan panik.

Menjaga Tekanan Darah

Semangka adalah sumber alami yang paling kaya akan citrulline. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Florida State University, citrulline terkait erat dengan arginine, yang merupakan asam amino esensial untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Semangka juga merupakan sumber potasium yang baik, nutrisi yang dikenal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium juga merupakan elektrolit yang mengatur tekanan darah selama berolahraga.

Baca Juga: Rutin Mengonsumsi Semangka, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh
Kaya Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Buang Lagi Kulit Semangka

Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Semangka adalah sumber vitamin C yang baik, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen membuat kulit kenyal dan memperkuat akar rambut.

Vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang berkontribusi pada kesehatan kulit serta memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru. Tanpa nutrisi, kulit Moms akan tampak kusam dan bersisik.

Video Terkait