Ragam Jenis Aglonema yang Paling Populer Beserta Harganya

Ilustrasi bunga aglonema (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Nazarudin - Rabu, 27 Juli 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Tanaman hias jenis aglonema merupakan salah satu bunga yang paling populer dan banyak diburu masyarakat Indonesia. Bahkan ketika pandemi, bunga ini sempat naik daun dan menjadi primadona.

Pada dasarnya bunga ini termasuk dalam keluarga talas-talasan. Bunga ini memiliki bentuk daun yang unik, corak serta warna yang menarik. Banyak pecinta tanaman hias yang menjadikan bunga ini sebagai pajangan atau bisnis yang menjanjikan.

Penamaan “aglonema” sendiri diambil dari bahasa Yunani, yaitu Aglo berarti terang dan Nema yang berarti benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki.

Jenis Jenis Aglonema dan Harganya

Diketahui aglonema memiliki 30 spesies dan hingga saat ini berbagai macam aglonema telah banyak yang dikembangkan, sehingga tampilannya jauh berbeda dari spesies alaminya. Semua jenisnya hadir dengan pesona dan ciri khasnya masing-masing. Kira-kira apa saja, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Aglonema Red Anjamani

Aglonema Red Anjamani merupakan tanaman hias yang berasal dari Thailand. Aglonema yang satu ini menjadi salah satu yang paling menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Ciri-cirinya yaitu memiliki daun atas berwarna merah muda, dan berbatang hijau.

Di pasaran aglonema ini dibanderol sekitar Rp 90 ribu hingga Rp150 ribu.

2. Aglonema Red Valentine

Jenis selanjutnya ada aglonema red valentine. Dinamakan red valentine, sebab tanaman cantik ini berpotensi menjadi cinta sejati di semua musim. Aglonema ini sangat indah dengan bentuk oval yang besar.

Daunnya tidak biasa menunjukkan margin hijau tua dengan percikan merah muda dan merah di dalam. Biasanya, warna daun mulai merah jambu dan berubah menjadi merah saat dedaunan matang. Harganya dipatok mulai dari Rp120 ribuan.

3. Aglonema Super White

Sesuai dengan namanya, jenis aglonema ini memiliki daun cantik berwarna putih di seluruh bagiannya. Bentuk oval dan menampilkan urat-urat hijau halus. Biasanya penjual menjual tanaman ini mulai dari Rp100 ribu sampai Rp900 ribu tergantung ukuran dan coraknya.

4. Aglonema Butterfly

Warna dasar hijau dengan motif merah muda yang samar, menjadi ciri khas dari aglonema butterfly. Bentuk daunnya relatif lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis aglonema lainnya.

Tanaman ini banyak ditemukan di pekarangan rumah, sebab termasuk jenis aglonema murah sehingga mudah dijangkau. Harganya berkisar 40 ribu rupiah saja untuk satu pohonnya.

5. Aglonema Widuri

Aglonema populer lainnya adalah aglonema widuri. Aglonema ini memiliki daun berbentuk oval dengan sedikit cekung di bagian tengahnya. Warna daun perpaduan hijau, kemerahan, dan kekuningan lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah.

Sementara tulangnya berwarna merah cerah yang sangat menyala namun juga indah. Bentuk daunnya pun oval. Harganya dibanderol mulai dari Rp 75 ribuan.

6. Aglonema Bidadari

Jenis yang paling populer selanjutnya adalah aglonema bidadari dengan perpaduan warna antara kuning, jingga, merah muda, dan hijau. Tanaman ini direkomendasikan karena dapat membuat dekorasi rumah menjadi sangat cantik. Aglonema ini dibanderol mulai dari Rp100 ribuan.

7. Aglonema Claudia

Aglonema jenis ini merupakan jenis yang berasal dari Thailand. Warnanya terdiri dari hijau pucat dengan tulang daun berwarna merah. Di pasaran aglonema ini biasanya dipatok harga dikisaran Rp140 ribu.

Baca Juga: Ketahui Jenis Bunga Aglonema, yang Sempat Populer Saat Pandemi
Tak Banyak yang Tahu! Ini 4 Kedahsyatan Bawang Merah untuk Aglonema8. Aglonema Lipstik

Baca Juga: Ragam Jenis Aglonema yang Paling Populer Beserta Harganya
Ketahui Jenis Bunga Aglonema, yang Sempat Populer Saat Pandemi

Sesuai dengan namanya, aglonema ini memiliki daun berwarna merah pada pinggirannya seperti sedang memakai lipstik. Selain itu ciri lainnya dapat dikenali dari warna merah pada setiap sisi daun aglonema yang berwarna hijau.

Bentuk daunnya juga cukup lebar dan memanjang. Jenis aglonema lipstik merupakan jenis aglonema murah yang bisa kamu dapatkan hanya dengan harga Rp 20 ribuan.

Video Terkait