Daftar Harga Aglonema Merah Berdasarkan Jenis-jenisnya

Ilustrasi bunga aglonema (Flickr)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 28 Juli 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Tren berkebun dan budidaya tanaman hias di tanah air seolah tak pernah lekang oleh waktu. Bagaimana tidak, Bumi Pertiwi kita merupakan negara subur nan indah yang kaya akan flora. Dari sekian banyak jenis tanaman hias, ada salah satu yang cukup populer, yaitu bunga aglonema merah.

Sesuai dengan namanya, ciri khas tanaman ini terletak dari daunnya yang berwarna merah. Selain itu, daun ini juga memiliki variasi dan ukuran yang berbeda. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa para pecinta tanaman hias bisa jatuh hati kepadanya.

Jenis Aglonema Merah dan Harganya di Pasaran

Diketahui, tanaman hias aglonema merah ini pertama kali dibudidayakan di dataran Cina. Bagi masyarakat sana, tanaman ini disebut juga dengan nama chinese evergreen. Jenisnya tidak hanya satu, tetapi ada banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Aglonema Red Peacock Atau Widuri

Aglonema red peacock merupakan salah satu jenis aglaonema merah yang paling banyak diburu masyarakat. Tak heran sebab daun dari aglonema ini memiliki warna merah merona yang sangat cantik.

Harga aglonema merah ini pun bisa dikatakan sebagai aglonema termahal. Di pasaran, untuk satu pohonnya aglonema ini dibanderol mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung ukurannya.

2. Aglonema Red Suksom

Jenis yang aglonema merah yang satu ini, sangat khas dengan warna merah terang yang menyala hampir di seluruh permukaan daunnya. Jika aglonema red peacock masih memiliki urat-urat daun yang kehijauan, lain halnya dengan suksom.

Aglonema ini memiliki sedikit klorofil, sehingga hanya menyisakan sedikit warna hijau bagian pinggir daunnya. Uniknya lagi, jenis aglonema ini hanya bisa ditemukan di lokasi yang terkena sinar matahari pada pagi dan sore.

Untuk bisa mendapatkan aglonema cantik ini, kamu cukup merogoh kocek yang cukup dalam, sebab harga bunga aglonema merah ini ditaksir mencapai Rp3 jutaan.

3. Aglonema Red Sumatra

Red Sumatera merupakan hasil persilangan dari spesies aglonema rotundu dan aglonema commutatum, dan menghasilkan corak berwarna kemerahan.

Jenis ini sering dikenal dengan sebutan Pride of Sumatera, sebab daunnya berwarna merah marun dengan ukuran pipih memanjang serta corak bergaris-garis yang berkarakter sehingga terlihat berbeda dari jenis lainnya.

Aglonema ini pernah memenangi kontes tanaman hias di Belanda pada tahun 2002. Hal ini membuat pamornya semakin meningkat. Untuk harganya relatif lebih murah berkisar Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

4. Aglonema Red Gold

Aglonema merah jenis red gold ini menjadi salah satu tanaman hias yang kerap dijadikan sebagai penghias ruangan atau dekorasi di sudut rumah. Ciri yang dapat dikenali yaitu memiliki daun yang berwarna hijau dan tulang-tulang daun yang berwarna merah.

Kombinasi ini seakan menambah kecantikan aglonema red gold. Bagi Sobat Agri yang tertarik untuk memeliharanya, kamu cukup mengeluarkan dana sebesar Rp60 ribu sampai Rp120 ribu.

5. Aglonema Red Lipstik

Aglonema lipstik merupakan jenis tanaman hias yang banyak di temui di halaman rumah-rumah. Pesonanya sangat menarik perhatian dengan warna merah atau merah muda yang berada dipinggirnya.

Baca Juga: Daftar Harga Aglonema Merah Berdasarkan Jenis-jenisnya
Ragam Jenis Aglonema yang Paling Populer Beserta Harganya

Bentuk daunnya juga cukup lebar dan memanjang. Jenis aglonema lipstik merupakan jenis aglonema murah yang bisa kamu dapatkan hanya dengan harga dimulai dari Rp 20 ribuan.

6. Aglonema Red Kochin

Jenis lain yang tak kalah populer adalah aglonema red kochin. Daunnya merupakan kombinasi dari warna merah yang semu, serupa peach serta semburat warna hijau di sisi daun. Hal inilah yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Harganya relatif mahal, sebab kamu harus merogoh kantong mulai dari Rp150 ribu sampai Rp250 ribu.

Video Terkait