Segudang Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Air Kelapa (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 5 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Kelapa merupakan jenis buah yang mengandung cairan lebih banyak ketimbang buah lainnya. Manfaat kelapa pun tidak diragukan lagi. 

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya minuman sehat yang menggunakan air kelapa muda sebagai bahan utamanya. Cairan dalam buah kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah.

Melansir dari Honestdocs, air kelapa muda merupakan minuman isotonik yang kaya nutrisi. Cairan buah ini mengandung elektrolit, klorida, potasium dan magnesium yang tinggi, serta kadar gula dan protein dalam jumlah cukup.

Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Mengonsumsi air kelapa baik dan tidak memiliki efek samping daripada minuman berkafein seperti kopi dan teh atau minuman bersoda.

Apa saja kira-kira manfaat buah kelapa? Berikut segudang manfaat yang bisa dinikmati dari mengonsumsi buah kelapa.

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Kelapa bersifat diuretik yang berarti meningkatkan laju produksi dan pelepasan urin oleh tubuh. Peningkatan aliran urin membantu dalam pembuangan racun yang tepat dari tubuh dan dengan demikian membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

2. Menjaga Tingkat Kolesterol Darah

Serat makanan dalam kelapa membantu mengelola kadar kolesterol karena mengurangi tingkat kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL baik. Serat mencegah akumulasi plak dan timbunan lemak di arteri, dengan demikian mengurangi risiko aterosklerosis, suatu kondisi yang menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri dan merupakan penyebab utama beberapa masalah kardiovaskular.

3. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Kebersihan Mulut

Karena sifat anti-mikrobanya, berkumur dengan air kelapa adalah metode yang efisien untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut di mulut. Berkumur air garam meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Kelapa baik untuk penderita diabetes, dan bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Kelapa memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat memperlambat laju pelepasan gula ke dalam aliran darah dan mencegah lonjakan kadar gula darah.

Bukan hanya meredakan stres pankreas, serat makanan dalam kelapa (sekitar 61 persen) juga memperlambat laju penyerapan gula oleh aliran darah. Dengan demikian mengatur kadar gula darah.

5. Meningkatkan Kesehatan Janin

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kesehatan janin. Jika ibu hamil rajin mengonsumsi air kelapa muda, maka dapat melindungi janin dari racun yang diserap oleh ibunya ketika beraktivitas. Beberapa orang membuktikan air kelapa muda juga akan meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit sang buah hati ketika lahir.

6. Membantu Mengobati Epilepsi

Kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi dari kelapa membuatnya menjadi makanan yang cocok untuk menjadi bagian dari diet ketogenik. Diet ketogenik membantu meningkatkan konsentrasi keton dalam darah. Diet ketogenik sangat bermanfaat bagi anak-anak dengan epilepsi karena mengurangi tingkat kejang.

7. Mengatasi Lemak Perut

Konsumsi kelapa dalam jumlah sedang membantu menghilangkan lemak membandel yang menumpuk di sekitar perut dan merupakan penyebab utama masalah kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stres, obesitas, masalah pernapasan seperti asma. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh
Masuk Musim Kemarau, Panen Stroberi dan Raspberry Cocok untuk Kesehatan

8. Menjaga Kulit Bersih dan Sehat

Kehadiran nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan dalam minyak kelapa membuat kulit awet muda. Antioksidan dan senyawa yang relevan dalam minyak kelapa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga berbagai tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik hitam dan noda kulit.

Selain itu, minyak kelapa adalah agen pembersih luar biasa yang membantu menyingkirkan racun, polutan, dan zat lain yang tidak diinginkan dari lapisan luar kulit. Hal tersebut meminimalkan pecahnya kulit dan mencegah ruam pada kulit dan iritasi. Makan kelapa secara teratur membuat kita terhidrasi dengan baik dan meningkatkan kehalusan kulit.