Banyak yang Keliru, 5 Sayuran Ini Ternyata Tidak Perlu Dikupas

Ilustrasi olahan terong. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 29 Juli 2022 | 21:15 WIB

Sariagri - Mengupas sayuran adalah salah satu cara membersihkan sayuran dari kotoran maupun pestisida. Akan tetapi, ternyata ada loh beberapa jenis sayuran yang tidak perlu dikupas karena dikulitnya mengandung zat nutrisi yang bagus untuk tubuh.

5 Sayuran Ini Ternyata Tidak Perlu Dikupas

1. Lobak

Sayuran berwarna putih susu ini di dalam kulitnya mengandung serat, kalsium, magnesium, vitamin B6 dan kalsium. Jadi sangat sayang bukan jika harus membuang kulitnya Sobat Agri.

2. Timun

Kebanyakan orang, menjadikan timun sebagai lalapan. Sayuran berwarna hijau satu ini bisa langsung dimakan begitu saja bersama kulitnya, loh. Hal itu karena di dalam kulitnya mengandung senyawa yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh.

3.Kentang

Pasti masih banyak dari kamu yang masih mengupas kulit kentang. Sayuran yang berwarna kuning kecoklatan ini ternyata dikulitnya tersebut mengandung lebih banyak serat, zat besi, asam folat, dan antioksidan yang 5 sampai 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan daging kentang.

4. Terong

Sayuran berwarna ungu atau hijau ini kulitnya mengandung nasunin. Nausin sendiri adalah zat antioksidan yang berfungsi memberi nutrisi pada otak.

Baca Juga: Banyak yang Keliru, 5 Sayuran Ini Ternyata Tidak Perlu Dikupas
Lima Sayuran Ini Justru Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak

5. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat polyacetylenes yang mengandung anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi di kulitnya. Bahkan, polyacetylenes hanya ada di bagian bawah kulit wortel, loh.

Karena sayuran itu tidak harus dikupas maka sebelum memasak bisa merendamnya dahulu didalam air bersih sebelum mencuci di air yang mengalir supaya zat-zat beracun dan kotoran-kotoran larut dalam air terlebih dahulu.

Video Terkait