Beragam Jenis Aglonema Hijau yang Cantik Jelita Berserta Cara Merawatnya

Ilustrasi bunga aglonema hijau bercak putih (Flickr)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 29 Juli 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Tren dan minat berkebun seakan tak pernah surut. Popularitas tanaman hias aglonema hijau pun tetap masih memiliki banyak peminat dari kalangan pecinta tanaman hias.

Pada dasarnya aglonema ini memang terkenal dengan keindahan daunnya yang berwarna-warni. Tidak hanya hijau, tetapi tanaman cantik yang satu ini juga memiliki banyak jenis, seperti misalnya aglonema merah dan lain sebagainya.

Jenis-jenis bunga aglonema hijau.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama sri rejeki ini dikenal memiliki ciri khas yaitu bentuk daun lebar yang teratur, dan tidak acak-acakan. Warna dan coraknya juga variatif sebab jenisnya tidak selalu hanya hijau saja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis aglonema berwarna hijau yang perlu Sobat Agri ketahui.

1. Sri Rezeki Hijau Bintik Putih

Seperti namanya, aglonema hijau bintik putih yang satu ini memang memiliki ciri yang khas, yaitu terdapat bercak-bercak putih pada permukaan daunnya. Bahkan apabila sudah cukup dewasa, bintik pada aglonema ini bisa tersebar pada tangkai daun.

2. Sri Rezeki Hijau Bintik Pink

Jenis selanjutnya ada aglonema hijau bintik pink. Tanaman cantik ini memiliki bercak berwarna pink yang dominan. Meski begitu bercak ini terlihat pudar dan hanya terdapat pada tulang daun.

3. Sri Rezeki Hijau Bintik Merah

Selanjutnya ada si bintik merah. Aglonema ini memiliki warna hijau serta bercak-bercak merah yang berada pada tulang dan lebih mencolok. Diantara jenis lainnya, aglonema hijau bintik merah termasuk tanaman hias yang cukup langka sehingga susah ditemui. Tak heran mengapa harganya relatif lebih mahal dibandingkan jenis lain.

4. Sri Rezeki Hijau Garis Merah

Sama seperti jenis-jenis sebelumnya, aglonema atau sri rezeki hijau garis merah ini juga memiliki keunikan tersendiri. Ciri khasnya terdapat garis berwarna merah yang merias bagian urat daun, sehingga membuatnya terlihat sangat cantik dan seperti dicat memakai tangan.

5. Sri Rezeki Hijau Merah

Jenis selanjutnya yaitu aglonema berwarna hijau merah. Dinamakan demikian, sebab kedua warna tersebut menjadi sangat sangat dominan yang dimiliki oleh aglonema ini. Untuk daunnya sendiri memiliki warna hijau yang lebih pekat dengan bercak-bercak yang menghias ujung daun.

6. Sri Rezeki Hijau Kuning

Jika kamu menyukai warna cerah seperti hijau kuning, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada tanaman yang satu ini. Sesuai namanya, aglonema ini memiliki warna kuning yang cukup mencolok dan terdapat pada urat daun, sehingga membuat tampilannya unik.

7. Sri Rezeki Hijau Muda

Jenis terakhir yang tidak kalah populer adalah aglonema hijau muda. Jenis yang satu ini menjadi yang paling mainstream sebab banyak dipelihara. Kamu bisa menemukan aglonema ini dengan sangat mudah dan harga yang murah.

Tanaman hias modern ini bisa kita temukan di mana saja karena cara tanamnya yang mudah dan harganya yang murah.

Daun sri rezeki hijau muda berwarna terang, bercampur dengan corak putih pudar.

Cara Merawat Aglonema Hijau

Pada dasarnya merawat aglonema tergolong sangat mudah. Sobat Agri tidak perlu mengawasinya seperti kebanyakan tanaman hias lainnya. Namun untuk mengoptimalkan pertumbuhan aglonema menjadi subur dan sehat, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Media Tanam

Beri media tanam yang baik untuk aglonema ini. Sebaiknya sediakan media yang memiliki tingkat pH yang tepat, yakni 6-7. Kadar pH dianggap sangat memiliki keasaman yang netral sehingga membuat tanaman tidak mudah layu.

2. Pemupukan

Selain media tanam, kamu juga harus melakukan pemupukan. Tindakan ini wajib dilakukan agar aglonema kamu tumbuh subur dan rimbun. Pemberian pupuk ini bisa kamu berikan dalam jangka waktu tiga bulan sekali saja, agar tidak merusak suhu dan kepadatan tanah.

Baca Juga: Beragam Jenis Aglonema Hijau yang Cantik Jelita Berserta Cara Merawatnya
Ketahui Jenis Bunga Aglonema, yang Sempat Populer Saat Pandemi

3. Penyiraman

Penyiraman menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Penyiraman tidak perlu dilakukan secara berlebihan, cukup siram hingga media tanam terlihat gembur. Kamu juga bisa menyesuaikan kadar air dengan wadah tanaman dan siram sebanyak 2 kali sehati, yaitu pagi dan sore.

4. Penempatan

Meskipun terdengar sepele, namun penempatan aglonema menjadi hal yang juga mendukung pertumbuhannya. Sebaiknya hindari aglonema dari sinar matahari secara langsung dan simpan di tempat yang teduh dan tidak terlalu kering.

Video Terkait