Ketahui Aglonema Big Roy, Lengkap dengan Cara Merawatnya Agar Tumbuh Subur

Ilustrasi aglonema big roy (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 29 Juli 2022 | 21:45 WIB

Sariagri - Aglonema big roy atau juga dikenal dengan julukan aglonema lulaiwan merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diincar pecinta tanaman hias pada tahun 2021 lalu. Pada dasarnya aglonema ini merupakan pohon hasil persilangan.

Meski begitu harga aglonema big roy bisa dikatakan cukup terjangkau, yaitu dimulai dari 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukurannya. Namun yang disayangkan aglonema ini tidak terlalu tahan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Ciri-ciri aglonema big roy

Tanaman hias yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman hias populer di Indonesia. Pada dasarnya aglonema ini termasuk dalam golongan spesies talas-talasan. Secara umum, daun aglonema big roy mutasi memiliki dua warna, yakni perpaduan hijau dan pink.

Untuk warna pink sebenarnya lebih kuat, sementara warna hijaunya hanya berupa bercak-bercak saja. Selain itu tulang dan uratnya pun berwarna pink. Tak heran mengapa jenis aglonema big roy hijau dan aglonema big roy mutasi merah menjadi salah satu yang populer.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki daun yang berukuran cukup besar atau lebar jika dibandingkan dengan aglaonema jenis lainnya. Sementara batangnya berukuran lebih pendek, yaitu hanya berukuran 1 sampai 3 cm saja.

Jika dipegang batang tanaman ini terlihat lentur atau lembek karena di dalam batangnya berisi air dan getah. Batang-batang ini yang memiliki peran untuk menopang tangkai daun.

Meskipun termasuk tanaman hias daun, tetapi aglonema ini memiliki serbuk sari yang terletak di bagian atas, dan putik atau bunga betina terletak di bagian bawah dekat pangkal.

Bunganya dibungkus seludang yang berwarna hijau pucat dan berbentuk seperti bunga talas atau keladi yang keluar dari ketiak daun, berwarna putih dan ditopang oleh batang yang panjang.

Karakteristik aglonema lulaiwan

Aglonema cantik ini Lulaiwan memiliki bunga uniseksual yaitu bagian bunga betina dan jantan terdapat dalam satu bunga. Penyerbukan pada tanaman ini juga merupakan penyerbukan silang, dimana bunga betina dari satu tanaman diserbuki oleh bunga jantan dari tanaman lain.

Jika penyerbukan sudah terjadi, maka bunga akan mengering dan bakal buah akan membesar. Tanaman ini bisa menjadi tanaman indoor maupun outdoor. Sehingga kamu bisa menyimpannya di ruang tamu, teras, atau rak khusus.

Hanya saja karena aglonema ini tidak kuat sama paparan sinar matahari, maka sebaiknya simpan di tempat yang teduh. Hal ini dikarenakan tanaman ini habitatnya adalah di tengah hutan belantara tropis yang penyinaran cahayanya tergolong lemah dengan kadar kelembaban yang tinggi.

Cara merawat aglonema big roy

Setelah mengenal spesifikasi aglonema ini, apakah Sobat Agri tertarik untuk memeliharanya? Jika ya, dibawah ini ada beberapa cara merawat aglonema ini agar dapat tumbuh maksimal dan menjadi subur.

1. Penyiraman

Penyiraman menjadi hal penting dalam memelihara tanaman. Dalam sehari, lakukan penyiraman tanaman aglaonema sesuai dengan kondisi tanah, pot dan cuaca saat itu.

Namun ketika permukaan atas tanah mulai kering, menjadi waktu yang penting untuk melakukan penyiraman. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih, dan siram di seluruh bagian tanah dalam sehingga akar tanaman juga terkena air.

Jumlah air disarankan tidak berlebihan sebab justru akan membuat akar terlalu basah dan menjadi cepat busuk.

2. Pemupukan

Pada dasarnya, pemberian pupuk tidak hanya berlaku untuk aglonema ini saja, tetapi hampir semua jenis tanaman membutuhkan pemupukan. Pupuk sendiri dibutuhkan untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Lakukan pemupukan dengan rentang waktu sebulan sekali agar aglonema subur dan rimbun.

3. Penyiangan

Salah satu tantangan dalam bercocok tanam adalah hadirnya jamur, hama atau gulma. Hama ini bisa saja tumbuh subur pada media tanam tanaman yang kamu pelihara.

Oleh karena itu Sobat Agri harus memantau pertumbuhan gulma. Jika dilihat terdapat gulam, segera cabuti agar nutrisinya tidak berbagi dan pertumbuhan bisa berjalan optimal.

Baca Juga: Ketahui Aglonema Big Roy, Lengkap dengan Cara Merawatnya Agar Tumbuh Subur
Jenis Bunga Aglonema Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran Rupiah!

4. Menggelap Daun

Salah satu ketertarikan pecinta tanaman aglonema adalah corak daun yang unik dan sangat cantik. Sehingga pemiliknya akan merawat daunnya demi menghasilkan daun yang bagus.

Salah satunya dengan cara mengelap daun itu sendiri. Namun pastikan ketika mengelapnya, lakukan dengan sangat lembut dan menggunakan spons halus. Hal ini bertujuan agar warna dan corak aglaonema big rot tetap mengkilap dan indah dipandang. Jangan sampai biarkan daunnya berdebu karena akan mengundang penyakit.

Video Terkait