Tak Hanya untuk Masak, Kunyit Juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Ilustrasi Kunyit dan Temulawak untuk Bahan Jamu (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 2 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Sariagri - Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang sudah lama dijadikan sebagai obat herbal. Umumnya kunyit dijadi sebagai bumbu dapur, jamu atau obat untuk menjaga kesehatan.

Akan tetapi para kaum hawa belum banyak yang mengetahui jika kunyit juga bisa digunakan untuk mempercantik diri. Permasalahan wajah yang kerap muncul seperti jerawat, noda hitam, hingga komedo bisa diatasi dengan kunyit.

Masker kunyit adalah satu di antara cara perawatan wajah yang dilakukan sejak zaman dahulu. Jenis masker alami yang satu ini pun banyak diminati karena murah dan mudah didapat.

Berikut ini berbagai manfaat masker kunyit untuk kecantikan.

1. Wajah Cerah Alami 

Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Kedua kandungan ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah apabila digunakan dengan cara yang tepat.

Caranya, oleskan masker kunyit secara merata. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air mengalir setelahnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu bisa menambahkan sedikit greek yoghurt dan madu ke dalam masker kunyit.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker wajah berbahan kunyit juga diyakini dapat mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya. Kandungan antiinflamasi yang ada dalam kunyit dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah sehingga mampu membuat kulit lebih tenang dan mengurangi jaringan parut.

3. Mengurangi Kerutan di Wajah

Mengaplikasikan masker kunyit bisa menjadi solusi kerutan di wajah. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada kunyit diyakini mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Tak hanya itu, penggunaan masker kunyit juga diyakini efektif untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

4. Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

Sebuah penelitian menyatakan penggunaan masker kunyit selama empat minggu mampu membantu mengatasi munculnya noda gelap di wajah akibat hiperpigmentasi. Penggunaan masker kunyit ke kulit dapat mengurangi hiperpigmentasi hingga 14 persen.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat masker kunyit lainnya yaitu berguna bagi kamu yang memiliki jerawat membandel. Kandungan antioksidan yang ada pada kunyit dipercaya bisa mengatasi masalah serius pada wajah.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Masak, Kunyit Juga Bermanfaat untuk Kecantikan
5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rambut, Bisa Atasi Ketombe!

Selain itu, masker kunyit bisa membatasi produksi minyak pada wajah yang merupakan biang kerok tumbuhnya jerawat.

6. Menyamarkan Mata Panda

Mata panda memang mengganggu penampilan. Namun jangan khawatir, masker kunyit bisa mengatasi masalah lingkaran hitam di bawah mata. Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit.

Pengaplikasian masker kunyit ke wajah mampu merangsang sirkulasi yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

Video Terkait