Waspada! Meski Menyehatkan, Bunga Telang Ternyata Punya Efek Samping

Ilustrasi bunga telang (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 31 Juli 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Dahulu bunga telang hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tumbuh di pekarangan. Namun belakangan, tanaman ini semakin terkenal. Pasalnya bunga telang kini memang bisa menjadi salah satu bahan alami untuk pembuatan minuman herbal.

Biasanya bunga ini telah diolah menjadi bubuk, pewarna makanan, atau dikeringkan. Saat dikonsumsi sebagai minuman, bunga ini memiliki rasa tawar menyerupai teh hijau tanpa gula.

Selain unik, bisa menghasilkan minuman berwarna biru, bunga telang juga memiliki sejumlah kandungan yang berpotensi untuk memelihara kesehatan.

Manfaat ini tidak lepas dari kandungan antioksidan tinggi yang terkandung di dalam bunga telang. Guna memperkaya khasiatnya, Sobat Agri juga bisa menambahkan madu, parutan jahe, ataupun bahan alami lainnya.

Meski begitu, perlu diwaspadai, sebab bunga ini ternyata mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti memicu mual dan diare.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi bunga telang. Selain itu bagi sebagian orang mengonsumsi air rebusan bunga telang bisa menimbulkan efek alergi.

Baca Juga: Waspada! Meski Menyehatkan, Bunga Telang Ternyata Punya Efek Samping
Manfaat Bunga Telang, ‘Si Cantik’ yang Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

Sementara untuk kompres mata, rendaman air bunga telang diketahui bersifat tidak steril dan akan berbahaya bila diteteskan ke mata.

Selain itu perlu Sobat Agri ketahui, bahwa akar pohon ini memiliki sifat racun dan memiliki efek samping sakit perut. Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi akar pohonnya secara berlebihan untuk menghindari efek samping tersebut.

Video Terkait