Tak Terduga, Vanili Ampuh Meringankan Sakit Kepala

Ilustrasi Vanili Kering (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 3 Agustus 2022 | 05:00 WIB

Sariagri - Vanili yang kita kenal berupa bubuk digunakan sebagai bahan untuk olahan pembuatan kue. Sebenarnya, sebelum jadi bubuk vanili adalah tanaman yang bernama ilmiah vanilla planifolia.

Vanili pertama kali dikenalkan oleh orang-orang Meksiko. Setelah itu, vanili mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. Di daerah asalnya, rempah ini berbuah dengan bantuan serangga yang membantu penyerbukan.

Biasanya vanili dimanfaatkan sebagai penambah rasa sehingga kue agar menjadi lebih harum. Namun, belum banyak yang tahu jika vanili rupanya bisa dijadikan obat alami untuk meringankan sakit kepala.

Nah, perlu kamu tahu, jika buah vanili mengandung protein, gula, serat, vanillin, resin, dan asam vanillic yang dimana senyawa tersebut dapat meringankan sakit kepala.

Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan 5 gram buah vanili yang sudah dikeringkan. Setelah itu, potong-potong vanili kering kemudian rendam di dalam satu gelas air matang panas. Diamkan hingga dingin, kemudian saring. Hasil saringan air tersebut diminum untuk menghilangkan sakit kepala.

Baca Juga: Tak Terduga, Vanili Ampuh Meringankan Sakit Kepala
Krokot, Tumbuhan Liar yang Kaya Manfaat

Sampai saat ini belum ada literatur yang membahas terkait kontraindikasi ataupun efek samping dari konsumsi buah vanili. Untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan mengonsumsi vanili secara berlebihan.

Selain itu, wanita yang sedang hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi ini. Bagi anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi dalam dosis yang berlebihan sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Video Terkait