Gandasuli, Tanaman Cantik yang Memiliki Ragam Khasiat Kesehatan

Ilustrasi Gandasuli (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 1 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Tanaman gandasuli merupakan tanaman rempah-rempah yang mempunyai pesona cantik dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang bernama ilmiah Hedychium coronarium ini dipercaya dapat mengobati bengkak, radang tenggorokan dan mengurangi sakit haid.

Tak hanya itu, saat ini sudah banyak produsen kecantikan menggunakan gandasuli sebagai bahan baku kosmetik. Bunganya yang harum di ekstrak minyak atsiri sebagai bibit minyak wangi. Hal ini karena kandungan saponin, flavonoida, dan polifenol yang ada di dalamnya.

Sementara dari hasil penelitian menemukan, tanaman ini mengandung ekstrak metanol dan diklorometana yang dapat dijadikan sebagai antibakteri. Adapun bakteri yang dapat dilawan adalah Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Bacillus megaterium, dan Sarcina lutea.

Asal-usul Gandasuli

Konon, asal tanaman cantik ini dari India dan menyebar hingga ke daratan Tiongkok. Habitat asli tanaman ini berada di tempat-tempat yang lembab dan dekat aliran air dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Gandasuli, Tanaman Cantik yang Memiliki Ragam Khasiat Kesehatan
Dijamin Sukses, Begini Cara Tepat Menanam Daun Rosemary

Jika di Indonesia, gandasuli memiliki beragam nama yang berbeda, kalau di Sumatera lebih dikenal gondasuli, sementara untuk di Jawa dikenal andasoli, di Nusa Tenggara disebut manasuli, Bali disebut mandasul dan Maluku dikenal dengan sebutan dagasuli.

Sampai saat ini belum ditemukan literatur yang menyebutkan kontraindikasi ataupun efek samping penggunaan gandasuli sebagai obat herbal. Namun, kamu disarankan untuk berhati-hati, terutama untuk wanita hamil dan menyusui sebaiknya hindari konsumsi tanaman ini.

Video Terkait