Bermitra Petani, Milenial Ini Ekspor Tanaman Hias Daun Ke Berbagai Negara

Cici (24) milenial ekspor tanaman hias daun (Tangkapan layar zoom INTANI)

Penulis: Arif Ferdianto, Editor: Reza P - Senin, 1 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Cici Melita Rahmawati (24) merupakan salah seorang petani milenial kelahiran Kebumen, Jawa tengah dan kini menetap di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Cici sukses menekuni bisnis tanaman hias daun hingga menembus pasar internasional.

Cici menjelaskan bahwa bisnis tanaman hias daunnya yang bernama Pelita Desa Nursery, diinisiasi oleh dia dan teman-teman milenial lainnya sejak tahun 2021 serta berkolaborasi dengan berbagai pihak. Perusahaan tersebut menyediakan tanaman hias endemik Indonesia berskala industri yang berbasis masyarakat.

“Memang potensi Indonesia itu masih sangat besar terutama mengenai tanaman hias dan mimpi kami adalah merebut pasar global dan menjadikan tanaman hias ini sebagai bisnis yang ingin kami jalankan,” ujarnya seperti dilansir Sariagri dalam webinar INTANI.

Cici mengungkapkan bahwa pihaknya juga bermitra dengan para petani diberbagai daerah yang sejak lama menggeluti tanaman hias.Setelah mendapatkan pesanan jenis tanaman hias dari luar negeri pihaknya kemudian mengajukan surat izin ekspor dengan waktu sekitar 1-2 minggu.

“Kalau proses sampai tanaman dapat diekspor, itu kan pastinya ketika kita sudah fix dengan buyer tentang tanamannya apa saja dan sebagainya kami mengajukan permohonan surat izin ekspor, prosesnya saat ini 1-2 minggu bahkan ada yang lebih,” terangnya.

Baca Juga: Bermitra Petani, Milenial Ini Ekspor Tanaman Hias Daun Ke Berbagai Negara
Wapres: Florikultura Berprospek Jadi Komoditas Ekspor Unggulan

Dia menyebutkan, pihaknya berfokus pada tanaman endemik Indonesia yang tervalidasi di pusat perlindungan varietas. Selain itu, Cici juga menginisiasi bibit lewat metode kultur jaringan seperti tanaman alokasia tanduk rusa, labisia, philodendron dan lain sebagainya.

“Sejauh ini yang menjadi pesaing Indonesia (ekspor tanaman hias) kalo masih di Asia pastinya Thailand, karena yang jadi trend center, produksi, dan sebagainya Thailand bahkan kemarin ketika pameran itu tidak banyak yang kenal Indonesia taunya dari Thailand, Singapur, dll,” katanya.

Video Terkait