10 Tanaman Aglonema yang Harganya Dibawah 100 Ribu

Ilustrasi bunga aglonema (Flickr)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 1 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Ada beragam jenis tanaman hias yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia, salah satunya adalah tanaman aglonema. Tanaman aglonema termasuk tanaman hias yang populer dan sempat menjadi primadona.

Apalagi tanaman ini juga dikenal mudah dirawat dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan aglonema adalah tanaman hias yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga tanaman ini tidak mudah layu dan mati.

Spesifikasi tanaman aglonema

Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki akar serabut. Ukuran batangnya cukup kecil, berkisar 1-3 cm. Warna daunnya dominan berwarna hijau dengan corak yang bervariasi, ada yang berwarna putih, kemerah-merahan, jingga, maupun berwarna kuning.

Selain warnanya yang indah, bentuk daunnya juga beragam mulai dari bulat telur, lanset, mapun berbentuk elips. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman ini.

Tidak banyak yang menyadari, bahwa tanaman hias aglonema mempunyai bunga dimana bunganya tersebut memiliki bentuk seperti bunga keladi dan talas yang ada di sekitar ketiak daun.

Sementara buahnya ini berada di bagian pangkal bunga. Bentuknya berupa tonjolan kecil dengan diameter kurang lebih 1 cm yang jika diperhatikan bentuknya sama dengan biji kopi.

Jenis tanaman aglonema dan daftar harganya

Warna dan corak aglonema yang beragam, membuat jenis tanaman aglonema dan harganya pun menjadi sangat bervariasi. Mulai dari yang belasan ribu hingga yang puluhan juta rupiah. Namun dibawah ini, akan merekomendasikan jenis aglonema yang tergolong relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

1. Aglonema Red Anjamani

Salah satu jenis aglonema yang harganya dibawah Rp100.000 adalah red anjamani. Aglonema ini berasal dari Thailand dan menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Daun berwarna merah muda dan berbatang hijau.

Tidak hanya Red Anjamani, ada jenis juga jenis aglonema anjamani lain yang harganya relatif murah, yaitu berkisar Rp90.000, seperti white anjamani, dud anjamani, dan pink anjamani.

2. Aglonema Merah

Selanjutnya ada aglonema merah. Sesuai dengan namanya warna daun aglonema ini adalah merah, dengan daun berbentuk lebar dan bulat. Tanaman ini juga dihargai kurang dari Rp100.000, yaitu dijual mulai dari kisaran Rp80.000. Perbedaan harga ini disesuaikan menurut ukuran dan motif corak daunnya.

3. Aglaonema Big Papa

Sedikit lebih murah, aglonema big papa dihargai sekitar Rp70.000 untuk ukuran yang sedang. Ukuran daun aglonema ini besar dan rimbun, dan memiliki penampilan fisik daun yang dominan berwarna hijau dengan bercak merah muda di bagian tengah daunnya.

4. Aglonema Widuri

Ciri aglonema widuri merupakan salah satu jenis aglonema yang sangat populer. Untuk mendapatkannya juga cukup terjangkau, berada pada kisaran Rp75.000.

Ciri khasnya yaitu memiliki warna daun hijau, kemerahan, dan kekuningan lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah. Tulang daunnya berwarna merah menyala yang indah. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya.

5. Aglonema Pride of Sumatera

Berdasarkan namanya, aglonema ini ditemukan di Pulau Sumatera. Sejak tahun 1993, aglonema ini menjadi tanaman hias yang cukup mahal. Daunnya berukuran cukup panjang dengan kombinasi warna merah, hijau gelap dan bercak kuning yang indah. Untuk ukuran yang kecil saja, aglonema ini dijual dengan harga mulai dari Rp50.000.

6. Aglonema Dud Anjamani

Ciri khas dari aglonema dud anjamani adalah memiliki daun yang dominan berwarna merah muda dengan corak warna hijau di bagian tepiannya. Hal ini dikarenakan dipengaruhi oleh perawatan dan pemupukan dengan kualitas yang tinggi.

Jenis ini menjadi salah satu jenis aglonema yang memiliki harga murah di pasaran. Harga aglonema dud anjamani berkisar di bawah Rp50.000, mengikuti corak dan motif pada daun aglonema dud anjamani ini.

7. Aglonema Adelia

Dalam hidupnya, aglonema ini dapat tumbuh hingga 30 cm jika ditanam di tanah subur. Namanya berawal dari nama seorang kolektor aglonema bernama Adelia.

Ciri aglonema ini memiliki daunnya melebar dari pangkal batang dan merucing di bagian ujung, dengan warna hijau dengan bercak merah yang tidak rata. Harganya bisa didapat mulai dari harga Rp60.000.

8. Aglonema Snow White

Sama seperti aglonema adelia, harga tanaman aglonema snow white ini juga memiliki kisaran harga Rp40.000 - Rp60.000. Aglonema ini memiliki dua variasi warna atau variegata. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari aglonema ini.

Baca Juga: 10 Tanaman Aglonema yang Harganya Dibawah 100 Ribu
Ragam Jenis Aglonema yang Paling Populer Beserta Harganya

9. Aglonema Rotundum

Aglonema ini memiliki corak dan perpaduan warna ungu gelap dan hijau. Harganya termasuk sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp35.000 hingga Rp65.000 untuk satu pohonnya.Tak heran mengapa aglonema jenis ini banyak dicari oleh para pecinta aglonema pemula.

10. Aglonema Lipstik

Dinamakan aglonema lipstik, sebab tanaman aglonema ini memiliki pinggiran daun berwarna merah di daunnya, seperti sedang menggunakan lipstik. Daunnya berbentuk lebar dan panjang, dengan harga yang paling murah berkisar Rp20.000.