Mengenal Aglonema Red Sumatra yang Dikenal Sebagai Kasta Aglonema Termahal

Ilustrasi aglonema red sumatra (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 1 Agustus 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Aglonema red Sumatra termasuk salah satu jenis tanaman hias yang sedang naik daun. Bukan tanpa alasan, pasalnya sebagian besar para kolektor tanaman hias sangat menyukai si “Ratu Daun” ini. Hal ini dikarenakan aglonema ini memiliki bentuk dan warna yang cantik dan sangat memanjakan mata.

Selain itu, aglonema yang memiliki nama lain Aglonema Pride of Sumatera ini, juga dikenal sebagai kasta aglonema termahal di Indonesia. Ada alasan julukan ini bisa didapatkan, sebab jenis aglonema yang satu ini merupakan awal generasi aglonema berwarna merah.

Spesifikasi Aglonema Red Sumatra

Diketahui, asal usul aglonema red Sumatra pertama kali dirilis oleh Gregori Garnadi Hambali pada tahun 1983. Ciri-ciri dari aglonema red Sumatra ini memiliki daun yang sangat kompak dengan bentuk elips memanjang dengan kombinasi warna merah.

Sementara tangkai daunnya berwarna pink, bercak-bercak, dan bercak-bercak daun berwarna hijau gelap. Hal inilah yang membuat bunga aglonema red Sumatra tampak begitu eksotis jika dilihat dari segi manapun. Habitat aglonema ini adalah dataran rendah sampai dataran tinggi.

Biasanya aglonema ini diletakkan di dalam ruangan. Namun kamu bisa meletakkannya di teras atau outdoor, sehingga membuat pekarangan rumahmu menjadi estetik.

Bagi sebagian orang, meyakini bahwa tanaman ini memiliki arti mempesona dan simbol yang berbeda-beda, diantaranya simbol keberanian, dan membawa keberuntungan, atau kemakmuran.

Tak heran mengapa harga aglonema red Sumatra dibanderol mulai dari Rp500 ribu, hingga puluhan juta rupiah. Meski begitu aglonema ini tetap banyak diburu para pecinta tanaman hias.

Perbedaan dengan Aglonema Black Pride of Sumatra

Sekilas aglonema jenis ini tampak mirip dengan red sumatra. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, yaitu:

1. Daun pada red sumatra terlihat lebih lebar jika dibandingkan dengan aglonema black pride of sumatra.
2. Hal yang menjadi perbedaan lainnya, yaitu tulang daun bagian atas red sumatra berwarna merah, sedangkan ini aglonema black pride of sumatra tidak.
3. Bagian belakang daun dari red Sumatra berwarna kemerah-merahan, sementara aglonema black pride of sumatra berwarna coklat kehitaman.
4. Lalu tangkai red sumatra berwarna putih dan akan kemerah-merahan menuju ke tangkai daunnya.

Cara merawat aglonema red Sumatra

1. Letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung

Jangan lupa untuk meletakkan red Sumatera di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebab akan merusak daun dari aglonema itu sendiri, menjadi mudah layu dan kering akibat kepanasan.

2. Pastikan media tanam tidak dalam keadaan kering atau basah

Sama seperti tanaman hias lainnya, idealnya penyiraman red Sumatera dilakukan sehari 2 kali, pada pagi dan sore. Namun kamu juga bisa menyesuaikan dengan kondisi media tanama aglonema. Jangan biarkan aglonema ini dalam kondisi terlalu kering atau basah.

3. Perhatikan kondisi media tanam

Media tanam merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam memelihara aglonema. Agar aglonema ini tumbuh subur, perhatikan juga kondisi media tanam agar dapat terpenuhi kebutuhan air dan mineralnya.

Baca Juga: Mengenal Aglonema Red Sumatra yang Dikenal Sebagai Kasta Aglonema Termahal
10 Tanaman Aglonema yang Harganya Dibawah 100 Ribu

Sebab jika kondisi media tanam tidak dalam keadaan baik, maka sudah dapat dipastikan jika tanaman aglonema ini tidak akan bertumbuh dengan baik.

4. Pemberian pupuk sebulan sekali

Semua tanaman membutuhkan unsur hara yang baik untuk pertumbuhannya. Selain itu, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan yang bisa didapatkan melalui pemberian pupuk. Lakukan pemupukan selama sebulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK daun.

Video Terkait