Gak Usah Beli! Yuk Bikin Hidroponik Bawang Merah Sendiri di Rumah

Ilustrasi bawang merah. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:15 WIB

Sariagri - Hampir setiap masakan menggunakan bawang merah sebagai bumbunya, ada yang dihaluskan namun ada juga yang diiris terlebih dahulu. Peran bawang merah sendiri memang sangat penting dalam cita rasa setiap masakan.

Meski merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam bahan memasak, tak jarang harga bawang merah melambung tinggi. Terutama beberapa waktu ke belakangan ini. Melihat kondisi seperti itu seakan membuat masyarakat menjadi serba salah.

Salah satu cara menyikapai perubahan harga bawang yang drastis itu, Sobat Agri bisa melakukan penanaman bawang merah sendiri di rumah.

Ada pun keuntungan dari menanam bawang merah ini adalah mengontrol pembasmi hama yang digunakan dan yang paling penting adalah jalan penghematan.

Melansir situs Pustaka Setjen Kementerian Pertanian, menanam bawang merah sebenarnya dapat dilakukan secara hidroponik. Caranya pun cukup mudah untuk diikuti.

Pertama, tentu saja cara menanam bawang merah dengan menyiapkan benih yang akan digunakan. Selain itu, siapkan juga media tanam seperti zeolite dan sekam dengan perbandingan 1:1.

Baca Juga: Gak Usah Beli! Yuk Bikin Hidroponik Bawang Merah Sendiri di Rumah
Meroketnya Harga Bawang Merah di Jawa Timur hingga Tembus Rp75 Ribu per Kg

Cara menanam bawang merah juga dengan membuat larutan nutrisi. Larutan tersebut berupa AB Mix 1250 ppm.

Ketika sudah siap semua, penanaman bawang merah pun siap dilakukan. Setelah ditanam, pemeliharaan tanaman harus dilakukan.

Pemeliharaan tanaman dengan memberikan nutrisi, pengendalian HPT 1000-1250 ppm, pH larutan. Nantinya, bawang merah hidroponik pun siap untuk panen.

Bagaimana Sobat Agri, tertarik menanam sendiri di rumah?

Video Terkait