Cara Alami yang Dianggap Ampuh Untuk Basmi Rayap di Rumah

Ilustrasi Rayap (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Sariagri - Rayap merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot berbahan kayu jadi tidak tahan lama.

Oleh karena itu, serangan rayap dianggap sebagai ancaman yang harus ditanggulangi dengan cepat dan tepat. Ada banyak cara untuk mengatasi serangan rayap, salah satunya dengan membasmi dengan menggunakan bahan alami dan dipandang lebih aman. Kamu bisa mengusir rayap yang bersarang di sekitar rumah, hanya dengan menggunakan tanaman.

Dilansir beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa tanaman yang ampuh mengusir rayap

1. Daun sirih

Daun sirih diketahui dapat membunuh rayap bawah tanah yang menyebabkan kerusakan pada bangunan kayu. Rayap menyukai kelembaban yang tinggi dan kandungan bahan organik yang tinggi di dalam tanah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air cucian beras yang dicampur dengan daun sirih dengan perbandingan 1:3. Ramuan ini dijamin ampuh membasmi sarang rayap membandel yang hinggap di perbaotan rumah.

2. Kecubung

Amethyst merupakan pengawet alami karena mengandung jenis racun alkali yang kuat. Cara pengolahannya sangat mudah, 16 kg buah kecubung dikeringkan selama 3 hari, kemudian dicampur dan diekstraksi dengan metanol.

Selanjutnya, saring residu biji dan evaporasi larutan pada suhu 45 °C. Ekstrak cair dapat digunakan untuk pengawet pada konsentrasi 10 persen, 15 persen dan 20 persen.

3. Buah pintaro

Ekstrak buah pintaro diketahui dapat membunuh rayap. Ekstraknya dapat diperoleh dengan cara menggiling daging buah beserta bijinya, kemudian hasil penggilingan tersebut dikeringkan hingga menjadi tepung.

Selanjutnya tepung diekstraksi dengan pelarut metanol dengan perbandingan 1:10, kemudian dipanaskan hingga ekstrak menjadi padat. Lelehkan 15 persen ekstrak buah pintaro dan semprotkan pada sarang rayap.

4. Rumput vetiver

Sebagai tanaman hias, rumput vetiver bisa menjauhkan rayap dari rumahmu. Hal ini dikarenakan rumput vetiver mengandung senyawa kimia yang disebut “Nootkatone”, yang dapat bekerja untuk menangkal rayap serta berbagai macam hama lainnya secara alami.

Dikutip dari Terminix, rumput vetiver mengandung penolak alami terhadap rayap tanah Formosa. Rumput vetiver adalah jenis rumput tandan yang berhubungan dengan tebu dan serai.

Kamu dapat menanam rumput vetiver di sekitar area yang dipenuhi rayap di rumah. Ketika rumput vetiver ditanam, maka rayap akan menganggap area tersebut tidak menguntungkan.

5. Catnip

Catnip adalah tanaman yang dikenal sebagai pengusir serangga alami, yang berhasil menangkal serangan rayap. Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan catnip untuk pengendalian rayap.

Salah satu cara yang umum adalah menanam catnip di sekitar area yang terinfeksi di rumah. Cara efektif lainnya adalah dengan mengoleskan minyak esensial catnip ke area yang terkena.

Baca Juga: Cara Alami yang Dianggap Ampuh Untuk Basmi Rayap di Rumah
Ketahui Tanda-tanda Kambing Birahi agar Mudah Dikawinkan

6. Daun mint

Daun mint adalah pestisida alami lain yang dapat mengusir rayap karena mengeluarkan aroma yang kuat, dan rayap kewalahan oleh daun mint dan akan menjauh darinya.

Daun mint dapat digunakan untuk mengusir rayap secara efektif, bukan bahan kimia yang paling berbahaya. Kamu bisa menanam daun mint di sekitar rumah untuk mendapatkan bantuan dari aktivitas rayap.

Video Terkait