Perbedaan Aglonema Red Anjamani dan Dud Anjamani yang Kerap Dikira Sama

Ilustrasi aglonema red anjamani (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Para kolektor tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan jenis aglonema red anjamani. Pada dasarnya aglonema ini merupakan aglonema hybrid asal Thailand. Meski begitu pesonanya membuatnya banyak diburu dan menjadi favorit.

Spesifikasi aglonema red anjamani

Jenis aglonema red anjamani dapat dicirikan dari daun atasnya, yang berwarna merah cerah, yang menakjubkan dengan beberapa bintik dan bingkai hijau tua. Sementara bagian tangkainya berukuran sedang, dengan warna hijau yang menopang daun dengan bentuk membulat dengan ujung yang meruncing dan semakin melengkapi pesonanya.

Selain itu, aglonema ini juga hadir dengan corak yang sangat unik. Penampilan yang begitu cantik ini, membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi untuk menghiasi ruang tamu atau pekarangan rumah.

Ditambah lagi tanaman ini dapat mempertahankan corak daunnya di sepanjang tahun. Untuk memaksimalkan warna merahnya yang indah, coba letakkan tanaman ini dalam pot warna hitam atau perak. Dijamin penampilan red anjamani makin terlihat mempesona.

Namun jika ingin membelinya, pastikan kamu harus memperhatikan secara spesifik bagaimana ciri-ciri dari aglonema ini. Hal ini guna mengurangi kesalahan saat membelinya di toko bunga.

Selain itu sebaiknya Sobat Agri tidak membeli aglonema red anjamani saat masih kecil. Alasannya yaitu, anakan red anjamani memiliki warna daunnya belum merah semua, sehingga dikhawatirkan dapat tertukar dengan dud anjamani.

Pasalnya red anjamani kerap dianggap sama dengan jenis aglonema dud anjamani. Kedua jenis ini merupakan jenis aglonema yang memiliki nama belakang yang sama, karena pada dasarnya masih dalam satu jenis atau satu keluarga. Ditambah lagi keduanya sudah dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Perbedaan red anjamani dan dud anjamani

Jika dilihat secara fisik, penampilan kedua aglonema ini memang sangat mirip. Meski begitu red anjamani dan dud anjamani tetap memiliki perbedaan. Perbedaan ini meliputi beberapa bagian. Pertama, dari segi warna.

Red anjamani memiliki daun yang lebih dominan berwarna merah terang daripada hijau. Warna hijaunya hanya berada di pinggiran daun. Jika dipersentase, warna hijaunya hanya sekkitar 5-10% saja. Sementara dud anjamani, memiliki warna merah muda dengan bintik-bintik berwarna hijau. Selain itu warna hijaunya memiliki persentase yang lebih besar, yaitu sekitar 20%.

Kedua, ukuran daun. Red anjamani memiliki ukuran yang memanjang. Sedangkan ukuran aglonema dud anjamani tidak terlalu panjang dan cenderung bulat. Ketiga, harga kedua jenis ini. Perbedaan selanjutnya dari segi harga, kedua tanaman ini juga dijual dengan harga yang berbeda. Harga aglonema red anjamani masih terbilang lebih mahal bila dibandingkan dengan Dut Anjamani.

Baca Juga: Perbedaan Aglonema Red Anjamani dan Dud Anjamani yang Kerap Dikira Sama
Mengenal Aglonema Red Sumatra yang Dikenal Sebagai Kasta Aglonema Termahal

Di pasaran, red anjamani masih berkisar antara tujuh puluh ribu rupiah hingga seratus ribu rupiah. Sementara aglonema dut anjamani harganya masih sekitar tiga puluh ribu rupiah. Namun, ada juga aglonema dud anjamani dengan kualitas bagus yang dibandrol hingga Rp500 ribu ke atas. Meskipun demikian, usahakan Sobat Agri lebih hati-hati dan teliti saat membeli tanaman hias ini.

Cara merawat aglonema red anjamani

Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman hias yang satu ini, beberapa diantaranya yaitu:

1. Gunakan media tanaman aglonema red anjamani yang tepat dan sesuai
2. Letakkan red anjamani di tempat yang tidak terkena matahari langsung.
3. Lakukan penyiraman rutin 2–3 hari sekali.
4. Lakukan pemupukan setiap 2–3 bulan sekali dengan pupuk NPK.
5. Jika tanaman sudah berukuran lebih besar, pindahkan tanaman ke pot atau wadah yang lebih besar.
6. Bersihkan akar-akar yang sakit, kering, atau busuk dan lakukan pemindahan dan tambahkan media tanam yang baru.

Video Terkait