Spesifikasi Aglonema Sultan Brunei dan Cara Mudah Merawatnya

Ilustrasi aglonema sultan brunei (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 2 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Sariagri - Aglonema Sultan Brunei adalah salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini sempat berada di puncak kejayaannya karena banyak masyarakat yang mengandrungi dan ingin memilikinya.

Meski begitu, tidak sedikit juga yang merasa biasa saja melihat tanaman ini. Bahkan mereka tidak mengerti mengapa tanaman hias bisa dijual dengan harga yang sangat mahal.

Spesifikasi Bunga Aglonema Sultan Brunei

Pada dasarnya, aglonema ini sama seperti jenis aglonema lainnya, yang berasal dari suku talas-talasan atau Araceae. Berbeda dengan jenis aglonema pada umumnya yang cenderung berwarna merah dan hijau, aglonema ini memiliki daun berwarna kuning keemasan.

Warna aglonema ini di dominasi kuning kemerahan, pinggiran daun warna hijau, dan daun bawah berwarna kuning semburat putih, dengan tangkai putih cerah.

Sementara bentuknya, aglonema sultan brunei asli ini terlihat seperti mangkuk dengan tulang yang keras dan urat daun mirip seperti ikan. Keanggunan aglonema sultan ini membuat banyak pecintanya menjadikan aglonema ini sebagai koleksi atau dekorasi.

Meski memiliki nama Brunei, sebenarnya aglonema ini merupakan salah satu jenis aglonema hasil persilangan dari hibrid Thailand. Persilangan ini menghasilkan penampilan warna dan corak yang sangat unik dan cantik

Hal inilah yang membuat Sultan Brunei kala itu sampai jatuh hati. Sebagai bentuk penghormatan terhadap kesukaan Sultan Brunei, tanaman ini pun akhirnya dinamai Aglonema Sultan Brunei.

Diketahui, ketika masa pandemi, harga aglonema sultan Brunei sempat dijual sekitar Rp1,6 juta per potnya. Tingginya harga bunga aglonema sultan Brunei ini, dikarenakan minimnya supply dari negara asalnya Thailand, serta ketersediaan stok di Tanah Air. Padahal di kala pandemi kala itu, permintaan aglonema ini melonjak tinggi dan diburu banyak orang.

Harga tersebut bisa semakin mahal, apabila aglonema ini tumbuh segar serta mempunyai penampilan yang bagus.

Harganya yang fantastis ini, membuat banyak masyarakat yang membudidayakan dan menjadikan tanaman hias Aglonema Sultan Brunei sebagai prospek bisnis yang menjanjikan.

Cara Merawat Sultan Brunei

Merawat Aglonema yang satu ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra. Lantas bagaimana caranya, simak penjelasannya dibawah ini:

1. Pemberian pupuk

Hal pertama untuk membuat tanaman aglonema cepat besar dan subur adalah pemberian pupuk daun secara rutin. Namun rutin disini adalah cukup lakukan atau secara berkala yaitu seminggu sekali.

Kamu bisa menggunakan Growmore atau Gandasil, dengan cara dicampurkan dengan air sekitar 5 gram per liter. Lalu disiramkan pada tanaman aglonema, terutama pada bagian dekat batangnya agar lebih maksimal hasilnya. Selain disiram, pemberian pupuk daun, juga bisa dilakukan dengan cara disemprot. Namun cara ini dianggap kurang maksimal.

2. Pemberian vitamin B1

Selain pupuk, kamu juga harus memberikan aglonema kamu vitamin B1 khusus tanaman. Campurkan setengah tutup botol kemasan vitamin B1 dengan setengah liter air, lalu lakukan penyemprotan pada pagi hari atau malam hari ke bagian seluruh daunnya dan batangnya agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat.

Baca Juga: Spesifikasi Aglonema Sultan Brunei dan Cara Mudah Merawatnya
Aglonema Bidadari, Aglonema Jenis Hybrid yang Penuh dengan Keindahan

3. Penggunaan pot yang sesuai

Hal penting lainnya yang harus kamu pastikan adalah penggunaan pot yang sesuai dengan aglonema. Jangan sampai Sobat Agri menggunakan pot yang terlalu besar apabila ukuran aglonemanya hanya kecil.

Hal ini bisa menghambat pertumbuhan aglonema. Begitu pula sebaliknya, saat aglonema ukuran kecil diletakkan di pot yang besar, maka pertumbuhannya tidak menyeluruh karena hanya akan berfokus pada akarnya, dan tidak fokus pada pembesaran batang dan daun.

Video Terkait