Pesona Aglonema Snow White yang Punya Corak Daun Klasik dan Menarik

Ilustrasi aglonema snow white (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Sejak pandemi, pamor tanaman hias semakin mencuat. Salah satu yang menjadi incaran banyak pecinta tanaman hias adalah Aglonema Snow White. Alasan aglonema ini diminati karena warna daunnya yang unik dan berbeda dengan tanaman pada umumnya.

Apalagi jika kamu menyukai warna dan corak klasik, tentu aglonema ini menjadi pilihan yang tepat. Bahkan kecantikan daunnya ini dipercaya dapat menjadi penghilang stres di kala rutinitas harian yang menjenuhkan.

Ciri-ciri aglonema snow white

Bagi masyarakat Indonesia aglonema ini juga dikenal dengan sebutan Sri Rejeki. Salah satu ciri yang paling menonjol dari jenis aglonema snow white yaitu memiliki bagian daun putih dengan corak hijau di permukaannya atau disebut juga variegata yang memiliki dua variasi warna.

Ukuran daunnya sendiri tidak begitu tebal, bahkan cenderung lebih tipis. Meski begitu tingkat kekakuannya memang cukup tinggi.

Namun sering kali masyarakat dihadapi kebingungan untuk membedakan snow white dengan siam paragon. Pada dasarnya snow white bisa dikenali dari corak yang putih bersih, sedangkan siam paragon putih yang agak kehijau-hijauan bukan putih bersih seperti Snow white.

Sementara ciri-ciri batangnya terlihat seperti tangkai daun dengan kandungan air cukup tinggi di dalamnya. Ukurannya cukup pendek, yaitu sekitar 1-3 cm saja dan setiap batangnya akan terhubung langsung dengan satu daun.

Tanaman ini juga bisa menghasilkan bunga yang terbagi ke dalam bunga jantan di bagian atas serta bunga betina di pangkalnya. Sekilas bunga tanaman ini mirip seperti keladi dengan warna yang juga putih bersih di sekitar ketiak daun.

Namun bunga aglonema snow white ini, bisa berubah menjadi buah ketika berhasil melakukan penyerbukan dengan bentuk lonjong mirip seperti melinjo.

Sementara soal harga, snow white cendering lebih murah dibandingkan siam paragon. Harga aglonema snow white sangat murah. Dengan mengeluarkan uang berkisar Rp20.000 hingga Rp60.000, kamu sudah bisa membawa pulang aglonema ini.

Cara menanam aglonema snow white

Selain tampilannya yang memukau dan cocok untuk dekorasi indoor maupun outdoor, aglonema snow white juga terkenal memiliki kekuatan untuk membersihkan udara kotor dan sebagai pembawa rejeki.

Apalagi untuk merawatnya pun tergolong tidak sulit. Tidak ada kriteria khusus dalam proses budidayanya. Hanya saja, ada dua hal paling penting untuk tanaman ini yaitu penyiraman dan pemupukan

Jika tertarik memeliharanya, berikut ini cara menanam tanaman snow white yang dimulai dari bibit.

1. Persiapan Bibit

Siapkan bibit Sri Rejeki dengan membelinya di toko tanaman hias. Kamu bisa mendapatkan beragam pengembang biakan mulai dari biji, stek, hingga pemisahan anakan.

Untuk stek, snow white bisa dilakukan dengan cara memotong pucuk dari tanaman yang punya 6-7 daun lalu letakkan di media pembibitan. Cara yang dianggap paling mudah adalah dengan pemisahan anakan. Sobat Agri hanya perlu melakukan pemotongan akar pada anakan dengan tiga daun.

2. Persiapan Media Tanam

Setelah mendapatkan bibit, jangan lupa siapkan media tanam. Syarat media yang diperlukan oleh tanaman Sri Rejeki adalah yang mengandung pH netral di kisaran 6-7.

Lalu campurkan dengan bahan lain seperti pasir serta kompos dengan perbandingan 1:3. Jika sudah tercampur rata, kamu bisa memasukkan media tanam tersebut ke dalam pot dengan ukuran yang sesuai dengan aglonema.

3. Pemindahan Bibit

Anakan snow white yang telah didapatkan, kemudian harus dipindahkan ke media tanam yang sudah dibuat dengan mengeluarkannya terlebih dulu. Setelah itu, lubangin bagian tengah media tanam yang sudah berada di dalam pot untuk memasukkan bibit atau anakannya.

Baca Juga: Pesona Aglonema Snow White yang Punya Corak Daun Klasik dan Menarik
Perbedaan Aglonema Red Anjamani dan Dud Anjamani yang Kerap Dikira Sama

Jika bagian akar bibit sudah tertutup sepenuhnya, maka kamu bisa menambahkan sedikit lagi media tanam diatasnya dan lakukan penyiraman.

4. Peletakan Tanaman

Setelah bibit dipindahkan ke dalam pot, langkah selanjutnya yaitu meletakkan pot di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung. Sebab jika terkena panas, maka tanaman ini akan menjadi mudah layu. Kamu bisa meletakkannya di dalam ruangan atau di halaman rumah yang teduh.

Video Terkait