Spesifikasi Aglonema Heng Heng dan Tips Merawat agar Daunnya Kinclong

Ilustrasi aglonema heng-heng (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Ketika awal pandemi, aglonema heng heng sempat menjadi tanaman hias yang viral dan ramai diperbincangkan, Aglonema ini begitu popular diburu dan banyak diburu untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.

Sebagai tanaman hias hasil persilangan, aglonema ini memiliki daun dengan campuran warna. Aglonema ini bisa dikenali dari bentuk dan warna daunnya yang berbeda-beda antar bilah daunnya.

Spesifikasi bunga aglonema heng heng

Ketika mulai tumbuh, bagian daun ini biasanya akan memiliki warna merah pada salah satu bilah daun. Sementara bilah daun lainnya akan berwarna hijau. Perpaduan warna ini seakan menghipnotis mata yang memandangnya.

Bila dilihat pada batang semu serta tangkai daunnya memiliki ciri berwarna hijau. Namun ketika bertambah tua, aglonema heng heng merah daun yang tadinya hanya berada di sebagian sisi akan mulai memenuhi kedua belah sisi daun.

Harga aglonema heng heng

Sayangnya tingginya permintaan di pasar, tidak diimbangi dengan jumlah stok yang ada, sehingga membuat harga aglonema ini pun melonjak cukup tajam. Hal ini dipengaruhi oleh transaksi suplai tanaman aglonema yang saat itu diimpor dari Thailand tersendat kala pandemi dengan berbagai aturan pembatasan perjalanan dan proses karantina yang makin ketat,

Selain itu, yang membuatya mahal karena aglonema ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibudidaya dan mendapatkan hasil anakan yang memiliki kualitas dibawah indukan.

Baik di toko online maupun di pedagang tanaman hias keliling, aglonema ini banyak diperjualbelikan. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp40 ribu sampai Rp100 ribu tergantung ukuran dan warnanya.

Cara merawat aglonema heng heng

Dalam urusan perawatan, aglonema ini memiliki tingkat perawatan yang cukup sulit, karena jika mendapat perlakuan minimal, maka pertumbuhannya pun akan terhambat. Selain itu ukuran daunnya juga tidak selebar dan secerah dengan yang mendapat perlakukan khusus.

Dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa Sobat Agri lakukan untuk merawat aglonema cantik ini sehingga menghasilkan warna yang kinclong, yaitu:

1. Penggunaan media tanam

Penggunaan media tanam yang salah akan berdampak pada pertumbuhan aglonema, terlihat jadi menggumpal sehingga ketika perawat tanaman menyiramkan air, air tersebut tidak mengalir ke bawah.

Oleh karena itu segera ganti media tanam jika tanaman terlihat tidak sehat dan tidak segar. Pilihlah media tanam yang lebih porous air seperti perpaduan sekam mentah, sekam bakar, pupuk dan tanah.

Sebab air yang tidak mengalir ke bawah dapat menyebabkan media terlalu basah dan membuat aglonema mengalami busuk batang dan busuk akar, dan membuat daun layu.

2. Penyiraman berkala

Hindari penyiraman yang dilakukan setiap hari, terutama musim hujan. Hal ini guna menghindari terjadinya pembusukan pada tanaman. Pasalnya aglonema ini memiliki batang semu berair yang tidak memerlukan penyiraman yang cukup sering,

3. Penjemuran berkala

Selain penyiraman, tanaman hias yang satu ini membutuhkan sinar matahari langsung untuk berfotosintesis dan menjaga pertumbuhan daunnya. Namun aglonema ini cukup resisten terhadap panas matahari langsung.

Oleh karena itu perhatikan untuk tidak menjemurnya dalam jumlah yang lama. Sebaiknya jemur tanaman ini dengan sinar matahari pagi yang cukup selama 3x dalam seminggu bagi tanaman aglonema yang kamu tempatkan di dalam ruangan dan jarang terkena cahaya matahari langsung.

4. Penyemprotan fungisida

Salah satu cara menjaga kesehatan aglonema ini yaitu dengan rutin melakukan penyemprotan furadan dan fungisida pada aglonema. Hal ini guna menghindari cacing yang ada di media tanam.

Pasalnya kehadiran cacing meski dikenal sebagai penggembur tanah namun jika berada dalam medium terbatas seperti pot jumlah cacing tanah bisa semakin banyak dan nantinya akan mempengaruhi keadaan media pot dan mengganggu pertumbuhan aglonema.

5. Pemupukan daun

Tidak hanya itu, pemberian pupuk sebagai tambahan nutrisi juga diperlukan agar pertumbuhan daun aglonema semakin maksimal. Sobat Agri bisa memberikan tambahan pupuk seperti Growmore dan vitamin B1 Liquinox pada campuran air.

Lakukan pemupukan ini sebanyak 1 atau 2 kali dalam satu bulan. Jangan lupa juga berikan vitamin B1 khusus tanaman 3-4 kali dalam satu bulan.

Jika pemberian pupuk ini dilakukan dengan benar, maka akan membuat warna daun aglonema ini perlahan berubah menjadi merah dan bahkan bersifat aglonema heng heng mutasi dari karakter awalnya yang semula merupakan aglonema heng heng hijau.

Video Terkait



Baca Juga: Spesifikasi Aglonema Heng Heng dan Tips Merawat agar Daunnya Kinclong
Mengenal Aglonema Red Sumatra yang Dikenal Sebagai Kasta Aglonema Termahal