Gak Perlu ke Salon! Ini Cara Mudah Buat Masker untuk Perawatan Rambut

Ilustrasi buah atasi masalah rambut. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Ada banyak sekali permasalahan rambut yang seringkali terjadi sehari-hari, seperti kering, rontok, ketombe dan kusut. Untuk mengatasinya kamu bisa pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan. Disana, biasanya rambut akan diberikan perawatan dengan menggunakan masker.

Masker yang digunakan pun bisa berbeda-beda tergantung permasalahan rambut yang dialami. Namun daripada pergi ke salon, tidak ada salahnya jika kamu membuat sendiri masker untuk perawatan rambut di rumah.

Melansir Womas's World, masker rambut sebenarnya bisa dibuat sendiri dari bahan alami, seperti buah-buahan yang ada di rumah. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

3 jenis buah-buahan untuk perawatan rambut

1. Masker blueberry

Terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari akan membuat rambut menjadi kering dan mudah rapuh. Hal ini dikarenakan rambut dipenuhi oleh klorin. Maka itu, masker rambut blueberry dan madu bisa membantu untuk memberikan nutrisi berupa vitamin E dan C serta merehidrasi rambut.

Caranya, campurkan 1/4 cangkir blueberry tumbuk dengan satu sendok makan madu. Setelah itu, oleskan ke rambut basah dari akar hingga ujung, bilas setelah didiamkan 20 menit.

2. Sampo pisang

Kulit kepala bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur, yang menjadi penyebab utama munculnya ketombe. Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan pisang sebagai agen antimikroba yang dapat membunuh jamur.

Caranya, cukup campurkan satu pisang yang sudah ditumbuk dengan 3/4 cangkir gula. Aplikasikan seperti menggunakan sampo lalu gosokkan pada kulit kepala yang basah selama satu menit. Jika sudah bilas hingga bersih.

Baca Juga: Gak Perlu ke Salon! Ini Cara Mudah Buat Masker untuk Perawatan Rambut
Ingin Punya Mata Indah dan Sehat? Coba Deh Konsumsi Sayur dan Buah Ini

3. Kondisioner alpukat

Rambut kusut juga menjadi persoalan yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama bagi kaum hawa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi kusut, seperti kondisi rambut yang kering dan hilangnya kelembaban rambut. Cara mengatasinya yaitu membuat rambut menjadi lebuh dengan menggunakan kondisioner alpukat.

Caranya, campurkan setengah dari alpukat tumbuk dan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan ke seluruh rambut lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas hingga rambut benar-benar bersih.

Video Terkait