Jangan Buru-buru Dibuang! Air Rebusan Kentang Bisa Suburkan Tanaman Hias

Ilustrasi air rebusan kentang untuk tanaman. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Sebelum digunakan kentang biasanya direbus untuk mengempukkannya. Namun jangan sekali-kali kamu langsung membuang air rebusan kentang ini. Pasalnya air rebusan kentang ternyata bisa dimanfaatkan untuk tanaman lho.

Melansir Woman's World, tanaman membutuhkan asupan nutrisi seperti vitamin, mineral dan nutrisi dari air kentang supaya tumbuh sehat. Hal ini dikarenakan air yang terkandung dalam rebusan kentang mengandung tepung kentang sebagai makanan untuk bunga dan sayuran.

Air rebusan kentang juga mengandung kalium untuk energi pada tanaman, fosfor yang membantu tanaman memanen energi matahari, magnesium untuk membuat klorofil, dan kalsium sebagai bantuan membuat dinding sel tanaman yang kuat.

Bahkan air rebusan kentang juga mengandung seng untuk tanaman tumbuh dan membuat jaringan baru, vitamin C untuk mengatur fotosintesis dan vitamin B-6 untuk melindungi sel tumbuhan dari kematian.

Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Langkah pertama yaitu mendinginkan air rebusan kentang sampai benar-benar dingin. Kemudian isi wadah penyiram dan sirami tanaman seperti biasa.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Dibuang! Air Rebusan Kentang Bisa Suburkan Tanaman Hias
6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Pohon Kemiri Bisa Tumbuh Subur

Cara menggunakan air rebusan kentang untuk tanaman juga bisa dengan disimpan terlebih dahulu. Namun jangan lupa untuk mengaduk atau mengocoknya sebelum menyirami tanaman. Tujuannya supaya tanaman tetap mendapatkan pati dan nutrisi yang merata.

Meski begitu, cara menggunakan air rebusan kentang untuk tanaman akan gagal ketika ada campuran garam di dalamnya. Kandungan garam akan menyebabkan tanah lebih menyerap kandungan, sehingga menyisakan sedikit sisa untuk tanaman. Sebaiknya gunakan air asin pada gulma untuk menyingkirkannya dengan mudah.

Video Terkait