Kerap Dijadikan Lalapan, Leunca Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa

Ilustrasi leunca. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Leunca biasanya selalu ada dalam sajian lalapan. Tanaman yang gampang tumbuh ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir sejumlah sumber, leunca dikenal dengan nama ranti, lenca, bobosa atau terung hitam. Meskipun rasanya pahit, lalapan bernama Solanium ngirum L ini mudah untuk ditanam dan dirawat di pekarangan rumah.

Buah leunca berbentuk bulat kecil-kecil dengan warna hijau. Terung hitam ini bisa tumbuh di tanah kering, berbatu ataupun yang lembab.

Sebagai lalapan, leunca biasanya dikonsumsi dalam kondisi mentah. Namun terung hitam ini juga bisa dikonsumsi dan diolah dengan makanan lain seperti oncom dan sayuran hijau. Di negara Barat, tanaman asal Asia Barat ini biasanya digunakan untuk pengobatan.

Berikut manfaat leunca untuk kesehatan:

1. Meringankan penyakit kuning

Manfaat leunca untuk meringankan penyakit kuning. Caranya, konsumsi leunca ketika sakit kuning sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

2. Gangguan kulit

Leunca mengandung antioksidan dan antibakteri yang berguna untuk membantu kulit melakukan regenerasi. Sehingga manfaat leunca juga terwujud untuk mengatasi gangguan kulit. Caranya dengan rutin mengonsumsi leunca.

Baca Juga: Kerap Dijadikan Lalapan, Leunca Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa
Cegah Kanker Hati dengan Konsumsi 5 Buah Ajaib Ini

3. Nyeri

Manfaat leunca bisa digunakan untuk pereda nyeri. Leunca mengandung zat yang ada pada pain killer. Biasanya, leunca digunakan untuk meredakam kram akibat menstruasi.

4. Panik

Manfaat leunca juga untuk menghalau panik. Leunca mengandung properti yang dapat mempertahankan level oksigen dalam otak sehingga dapat menekan pemicu stres.

Video Terkait