Jangan Dibuang, Sisa Makanan Ini Bisa Jadi Pupuk Bunga Lho!

Ilustrasi kulit pisang (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Menyuburkan tanaman tidak harus selalu dengan membeli pupuk kandang. Siapa sangka sisa bumbu dapur dan makanan bisa menyuburkan bunga di halaman rumah.

Memanfaatkan sisa makanan juga bisa menjadi salah satu langkah untuk mengurangi limbah makanan di tempat pembuangan sampah.

Melansir Woman's World, beberapa bunga yang bisa terjaga kesuburannya dengan sampah makanan seperti bunga iris, marigold, daisy, dan lainnya.

Berikut ini beberapa jenis sisa makanan yang bisa jadi pupuk:

1. Kulit Kacang

Kulit kacang merupakan sisa makanan yang bisa jadi pupuk untuk bunga iris. Kulit kacang bisa mencegah gulma di sekitar tanaman.

“Saat cangkangnya terurai, mereka menjadi mulsa yang sangat baik, membantu tanah mempertahankan kelembaban sekaligus menjaganya agar tetap longgar, yang meningkatkan pertumbuhan akar,” kata Ashley Christian, pendiri Homestead Sweet Home.

2. Kulit Telur

Kulit telur merupakan sisa makanan yang bisa jadi pupuk untuk marigold. Tanaman tersebut adalah salah satu tumbuhan pendamping terbaik di kebun sayuran karena aromanya mencegah cacing kubis dan lalat putih. Namun, tanaman ini rentan terhadap siput.

"Untuk menangkal hama ini, taburkan beberapa kulit telur di tanah. Tepi tajam cangkang menghalangi siput dan saat mereka rusak, mereka melepaskan kalsium, yang mengarah ke mekar yang lebih besar," saran Erinn Witz dari Seeds and Spades.

3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah sisa makanan yang bisa jadi pupuk untuk bunga peony. Kulit jeruk dan lemon kaya nutrisi seperti folat, riboflavin, dan tiamin sehingga dapat memberikan dorongan besar untuk peony yang membutuhkan tanah yang sangat kaya.

“Cukup potong kulitnya dan taburkan di sekitar pangkal tanaman,” ujar Rodger St Hilaire, pendiri Gardening Boost.

4. Ampas kopi

Jangan membuang ampas kopi karena bisa jadi pupuk untuk bunga hydrangea. Cukup taburkan bubuk kopi di sekitar pangkal tanaman.

“Bubuk kopi juga merupakan sumber nitrogen yang luar biasa, yang bertindak sebagai pupuk lepas lambat, membantu menumbuhkan daun hijau yang subur,” kata Daniel Akins, editor di The Yardable.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Sisa Makanan Ini Bisa Jadi Pupuk Bunga Lho!
Pupuk Hayati dari Limbah Tomat Lebih Murah dan Berkelanjutan

5. Kulit pisang

Siapa sangka kulit pisang justru bermanfaat untuk bunga mawar? Cukup potong kulit pisang dan taburkan di tanah sekitar tanaman mawar.

"Mereka sarat dengan fosfor dan potasium, dua mineral penting untuk mekarnya mawar yang sehat. Fosfor memperkuat batang dan mendorong kuncup untuk membuka, sementara potasium membantu mawar melawan hama," kata Akins.

Video Terkait