Anglonema Wulandari, ‘Si Cantik' Hasil Mutasi dari Jenis Kultur Jaringan

Ilustrasi aglonema wulandari (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Bunga aglonema wulandari seakan tidak pernah hilang dari pembicaraan. Jenis aglonema ini menjadi salah satu yang amat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Bagaimana tidak, mendengar namanya saja, masyarakat seperti terbawa dalam kecantikan bunga yang sangat memikat hati.

Konon, penamaan bunga ini sendiri berdasarkan penilaian masyarakat Jawa, dimana bentuknya identik dengan wanita yang cantik jelita dengan kulit indah bersinar eperti bulan (wulan). Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, sebab namanya memang sesuai dengan penampilan fisiknya. Dari situlah mengapa bunga ini dinamakan wulandari.

Spesifikasi bunga aglonema wulandari

Pada tahun 2015, ketika aglonema ini mulai muncul saja sudah mulai banyak disukai hingga saat ini. Secara spesifik, ‘Si Wulandari’ ini sebenarnya merupakan tanaman aglonema yang merupakan hasil mutasi dari jenis kultur jaringan.

Tak heran mengapa Sobat Agri tidak akan bisa menemuinya di alam liar. Jenis ini pertama kali dikembangkan di Thailand dari jenis hybrid baru atau jenis yohana. Namun sampai saat ini tidak pernah diketahui siapa yang telah berhasil menciptakan warna dan bentuk daun uniknya pertama kali.

Satu hal yang pasti, jika para kolektor tanaman hias Indonesia ingin mendapatkannya, mereka akan rela membeli bibitnya langsung dari Thailand. Kemudian bibit ini selanjutnya dibudidayakan di Tanah Air.

Ciri-ciri khas dari aglonema wulandari

Ada hal-hal unik yang dimiliki dari tanaman hias yang satu ini, beberapa diantaranya terletak dari warna dan bentuk daun yang memikat hati.

1. Warna daun

Ciri-ciri khas yang dimiliki aglonema ini yaitu warna daun dengan perpaduan warna hijau, merah atau merah muda, dan kuning atau kuning muda. Perpaduan warnanya yang cenderung kalem dan tidak mencolok mampu menghipnotis siapa pun yang melihatnya.

Umumnya, aglonema yang tersebar di pasaran, hadir dengan warna merah muda atau pink dengan bintik hijau dan kuning yang acak. Warna ini bisa berada di bagian pinggir atau di tengahnya.

2. Tulang daun

Aglaonema wulandari memiliki tulang daun yang berwarna pink. Sementara urat daunnya hampir tidak terlihat. Untuk permukaan daunnya terlihat sangat lembut karena memiliki warna merah muda yang dominan hampir merata di semua bagian daun.

3. Ukuran dan bentuk daun

Aglonema ini dikenal memiliki ukuran daun yang lebih lebar dan besar dari jenis aglonema lainnya. Hal ini menjadi ciri utama dan membuatnya banyak disukai karena tampil lebih dominan. Sementara bentuknya cenderung oval dan bulat besar.

4. Tangkai

Tangkai aglonema ini berukuran pendek dan tipis. Meski begitu tangkai ini sangat kokoh.

Harga aglonema wulandari

Sampai sekarang aglonema wulandari harganya masih tergolong tinggi di pasaran. Pasalnya aglonema ini tergolong langka dan sulit dibudidayakan. Setidaknya kamu harus mengeluarkan kocek minimal Rp100 ribu untuk yang bibit, Rp200 ribu untuk yang aglonema wulandari anakan atau remaja.

Sementara jika ingin yang memiliki daun yang rimbun atau indukannya, kamu harus mengeluarkan uang Rp300 ribu sampai Rp500 ribu, tergantung ukuran pohon itu sendiri.

Perawatan aglonema wulandari

Pada dasarnya, merawat aglonema ini sama seperti aglonema pada umumnya. Tidak perlu perawatan yang khusus. Hanya saja perlu diingat agar jangan terlalu sering menyiramnya.

Hal ini dikarenakan kondisi media tanam yang terlalu basah membuatnya sangat rentan terjadi busuk akar. Lakukan penyiraman hanya ketika media tanam sudah dalam keadaan mulai kering dan pastikan sirkulasi air bisa mengalir dengan lancar.

Baca Juga: Anglonema Wulandari, ‘Si Cantik' Hasil Mutasi dari Jenis Kultur Jaringan
Begini Cara Merawat Aglonema agar Tumbuh Subur dan Cepat Beranak

Selain itu, aglaonema jenis ini juga tidak menyukai tempat yang terlalu panas. Jika ditempatkan di tempat yang panas atau di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, warna pada daunnya bisa memudar.

Oleh karena itu, tempatkan aglonema kesayanganmu ini di tempat yang teduh dan jauh dari paparan matahari. Sobat Agri juga bisa meletakkannya di dalam sudut ruangan, sebagai penambah nilai estetik dalam rumah.

Video Terkait