Wajib Tahu! Ini 4 Kesalahan dalam Mengonsumsi Buah yang Harus Dihindari

Ilustrasi Buah tinggi gula dan kalori. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi buah. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang berperan penting untuk tubuh. Selain memenuhi nutrisi, sisi positif lainnya buah juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat, terlebih lagi bagi seseorang yang sedang melakukan program diet.

Umumnya, buah bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti diolah menjadi jus, smoothies maupun dimakan bersama bumbu rujak. Kendati demikian, Sobat Agri wajib ketahui, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika menyantap buah, seperti yang dilansir dari Healthshot.

4 Kesalahan yang harus dihindari saat makan buah

1. Salah Memilih Kombinasi Buah

Tak sedikit orang yang suka mencampurkan beberapa jenis buah untuk dikonsumsi. Padahal penting untuk mengetahui kombinasi yang tepat ketika menggabungkan sejumlah buah yang ingin dikonsumsi secara bersamaan.

Kamu bisa menghindari menggabungkan buah manis dengan buah asam. Sebaliknya, makanlah buah manis dengan buah-buahan manis lainnya dan buah asam dengan buah satu rasa.

2. Hindari Cuci Buah Setelah Dipotong

Mencuci buah setelah memotongnya bukanlah ide yang bagus untuk dilakukan. Pasalnya, melakukan hal ini bisa menghilangkan segala kandungan seperti vitamin dan mineral yang ada di dalam buah. Maka dari itu, cara terbaik untuk mendapatkaan manfaat dari buah yaitu dengan cara mencucinya terlebih dahulu, kemudian potong bagian buahnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Kesalahan dalam Mengonsumsi Buah yang Harus Dihindari
Intip Cara Budidaya Buah Markisa yang Kini Semakin Diminati

3. Makan Buah Setelah Makan Hambat Pencernaan

Seringkali orang memilih buah sebagai makanan hidangan penutup. Meski terlihat menyegarkan dan jadi pencuci mulut, sebenarnya hal ini justru bisa menghambat penceraan. Sebab, kandungan gula, karbohidrat, dan protein yang ada dalam buah bisa memperlambat proses pencernaan. Ini akan memberi lebih banyak tekanan pada sistem pencernaan dan bisa membuat masalah pada perut.

4. Memberi Garam

Umumnya dalam memakan rujak, orang senang menambahkan garam untuk menambahkan rasa asin pada buah. Mereka menganggap bahwa cara itu bisa membuat rasa buah menjadi semakin nikmat. Namun, sebenarnya cara tersebut sangatlah tidak dianjurkan. Sebab ketika garam ditaburkan di atas buah maka akan melepaskan airnya yang bisa jadi pertanda buah kehilangan nutrisi.

Sementara itu, kandungan sodium pada garam bisa membahayakan tubuh karena mampu menyebabkan retensi air.

Video Terkait