Produk Ramah Lingkungan, Berantas Gulma dengan Cairan Garam

Ilustrasi larutan garam untuk basmi gulma. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Gulma atau rumput liar yang dibiarkan tumbuh subur akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Namun, gulma bisa dibasmi dengan menggunakan air garam.

Melansir sejumlah sumber, kebanyakan orang akan berusaha untuk mencabuti gulma satu per satu supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya. Meskipun sudah dicabuti, pertumbuhan gulma terbilang cepat.

Biasanya untuk menekan pertumbuhan gulma akan diakali dengan herbisida. Meski demikian, zat tersebut tidak aman untuk binatang peliharaan dan keamanan produk sayuran.

Salah satu cara untuk keamanan hewan peliharaan adalah dengan menggunakan garam di dapur.

Garam beryodium mudah menyerap ke dalam tanah sehingga akan efektif untuk menghambat pertumbuhan rumput di area tersebut. Namun jauhkan dari jangkauan tanaman utama karena dapat merusaknya.

Cara menggunakan garam untuk membasmi gulma adalah dengan takaran yang tepat. Untuk gulma yang berada di dekat tanaman utama bisa menggunakan garam dan air dengan perbandingan 1:2.

Baca Juga: Produk Ramah Lingkungan, Berantas Gulma dengan Cairan Garam
Cara Membasmi Gulma dengan Menggunakan Garam

Sementara itu, cara menggunakan garam untuk membasmi gulma yang jauh dari tanaman utama bisa menggunakan perbandingan 2:1 atau 3:1.

Cara menggunakan larutan garam untuk membasmi gulma juga bisa dimasukkan dalam botol semprot. Semprotkan larutan ke gulma yang ada. Teknik tersebut supaya garam tidak meresap dan meracuni tanaman utama.

Video Terkait