Selain Menyuburkan Tanah, Ini Manfaat Arang Sekam untuk Pertanian

Ilustrasi tanaman. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Arang sekam mungkin sudah sering didengar ketika berkunjung ke penjual tanaman. Media tanam yang satu ini juga sangat diminati.

Melansir situs DPPP Kabupaten Bangka Selatan, media tanam yang baik akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesuburan tanaman.

Salah satu bahan organik dalam media tanam yang sering digunakan adalah arang sekam. Biasanya aram sekam akan jadi bahan campuran untuk tanaman di pot atau polibag.

Medi tanam ini memiliki karakteristik yang ringan atau berat jenis 0,2 kg/l, kasar sehingga sirkulasi udara tinggi, porositas yang baik dan menyerap air rendah. Media tanam ini juga mengandung silika yang cukup tinggi mencapai 16,98 persen.

Manfaat Arang Sekam

Karena banyak diminati, manfaat arang sekam sebagai campuran media tanam seperti menjaga kondisi tanah tetap gembur, memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna bagi tanaman dan mengatur pH tanah pada kondisi tertentu.

Selain itu, manfaat arang sekam sebagai campuran media tanam juga untuk mempertahankan kelembaban, menyuburkan tanah dan tanaman, meningkatkan produksi tanaman dan sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen.

Baca Juga: Selain Menyuburkan Tanah, Ini Manfaat Arang Sekam untuk Pertanian
Tidak Selalu Tanah, 5 Sayuran Ini Bisa Ditanam dan Tumbuh di Air

Kemudian, manfaat arang sekam sebagai campuran media tanam juga untuk tanaman hidroponik dan meningkatkan daya serap serta daya ikat.

Maka itu perlu menjaga kandungan unsur hara dalam arang sekam. Untuk menjaga kandungan unsur hara dalam sekam diperlukan teknik pembakaran tidak sempurna yang menghasilkan arang sekam, bukan abu sekam. Pembakaran sempurna yang menghasilkan abu sekam justru menghilangkan kandungan hara pada sekam padi.

Video Terkait