5 Manfaat Bunga Bakung Putih, Salah Satunya Bisa Atasi Sakit Pinggang

Ilustrasi bunga bakung (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Bunga bakung putih atau yang biasa dikenal dengan nama bunga lily adalah salah satu bunga populer di Indonesia. Bunga ini kerap dijadikan sebagai hiasan di pekarangan atau rangkaian bunga untuk orang tersayang.

Selain tampilannya yang cantik, siapa sangka ternyata bunga yang memiliki nama ilmiah Candimum L ini, memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi bunga ini disebut-sebut sebagai salah satu jenis bunga yang dapat dikonsumsi. Penasaran apa saja manfaatnya, yuk intip ulasannya di bawah ini.

Manfaat bunga bakung putih untuk kesehatan

1. Mengobati sakit pinggang

Bunga bakung putih diketahui mengandung beta karoten yang bermanfaat sebagai penenang otot dan menghindari sakit pinggang yang mengganggu. Cara penggunaannya yaitu dengan menumbuk bunga dan daung bakung dengan menambahkan jahe merah. Setelah itu dibalurkan pada bagian yang sakit.

2. Mengobati sakit memar

Bunga cantik ini juga dikenal dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang memar. Caranya dengan mengambil daun bunga bakung dan oleskan dengan minyak kelapa secukupnya, lalu bakar cukup hingga layu saja. Setelah itu tempelkan di bagian tubuh yang memar.

3. Mengobati sakit gigi

Selain sakit pinggang dan memar, bunga bakung juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya dengan mengambil akar (bukan umbinya) bunga bakung sebanyak 6 jari, kemudian lalu tumbuk dengan 3 kelopak bunga bakung hingga halus. Jika sudah, tempelkan ke dalam lubang gigi yang sakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Bakung Putih, Salah Satunya Bisa Atasi Sakit Pinggang
4 Jenis Bunga yang Dapat Dikeringkan untuk Dekorasi Ruangan

4. Mengobati keseleo

Keselo adalah kondisi yang sangat mengganggu. Kamu bisa mengobati keseleo dengan menggunakan bunga bakung. Caranya hampir sama dengan pengobatan ketika mengobati sakit memar. Daun bunga ini dicampurkan dengan minyak kelapa lalu dibakar hingga layu, setelah itu di kompres di bagian tubuh yang keseleo.

5. Mengobati luka atau borok

Seperti yang telah disampaikan di atas, bunga bakung memiliki kandungan beta karoten. Kandungan ini jugalah yang dapat menyembuhkan kulit dari luka dan borok. Caranya dengan memeras 2 lembar daun bakung dengan 1 bunga bakung dan balurkan airnya ke bekas luka yang ingin disembuhkan.

Video Terkait