Catat! Ini Alasan Mengapa Tanaman Peliharaan Tidak Cepat Berbunga

Ilustrasi bunga anggrek (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Berkebun atau bercocok tanam memang menjadi bagian gaya hidup masa kini, terlebih di saat masa pandemi. Namun penting untuk diketahui, sebelum memulai bertanam, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu karakteristik dari suatu tanaman.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menjadi penyebab mengapa tanaman peliharaan kamu tidak cepat berbunga. Hal ini berguna sebagai antisipasi dalam merawat tanaman.

Lantas apa saja penyebab yang membuat tanaman tidak cepat berbunga, yuk simak dibawah ini!

Penyebab Tanaman Tidak Cepat Berbunga

1. Penempatan Tanaman

Perlu digarisbawahi bahwa tempat dan lokasi sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Pastikan untuk meletakkan tanaman di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari yang cukup. Sinar matahari sangat berperan penting dalam mempercepat proses pembungaan.

Intensitas cahaya yang baik untuk tanaman adalah cahaya matahari di pagi hari. Jadi letakkan tanaman anda pada pencahayaan di pagi hari dan hindari pencahayaan pada siang hari yang dapat membuat tanaman menguap, gosong, layu, hingga membuat tanaman mati.

Baca Juga: Catat! Ini Alasan Mengapa Tanaman Peliharaan Tidak Cepat Berbunga
Tips Menanam Kaktus Pinchusion di Rumah

2. Daun Terlalu Rimbun

Tanaman yang rimbun memang tampak indah. Namun jika terlalu rimbun, biasanya proses pembungaan akan menjadi lambat sehingga tanaman tidak cepat berbunga. Untuk mengatasinya kamu bisa memangkas tanaman secara rutin dan terlebih pada masa tanaman berbunga.

3. Media Tanam

Selanjutnya adalah media tanam. Gunakan media tanam yang poros dan tidak bertekstur keras. Hal ini guna memastikan unsur hara yang dibutuhkan bisa tersalurkan dengan baik hingga proses pembungaan. Jangan lupa juga menambahkan pupuk pada media tanam untuk menyuburkan dan memberi nutrisi bagi tanaman.

Video Terkait