Ide Bisnis Pertanian yang Bisa Dulang Cuan, Mau Coba?

Ilustrasi Pertanian Vertikal. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki tanah yang subur. Banyak masyarakat menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, sehingga sektor pertanian memegang peranan penting dalam sendi-sendi perekonomian nasional.

Artinya, membuka bisnis pertanian di Indonesia sangat potensial dan menjadi bisnis yang paling menguntungkan untuk masa depan.

Berikut ide bisnis pertanian yang bisa kamu lirik:

1. Sayuran organik

Masyarakat semakin sadar pentingnya pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran organik, yaitu sayuran yang ditanam tanpa menggunakan bahan atau zat kimia, seperti pestisida.

Menjumpai sayuran organik maupun olahan makanan berbahan dasar sayuran organik saat ini sangat mudah, karena terlihat lebih segar dan sehat, harga jual sayur organik pasti lebih mahal dibanding non-organik.

Metode hidroponik adalah sistem tanam yang memanfaatkan air sebagai media tanam utamanya dan menggantikan tanah. Sehingga lebih mudah, murah, efektif dan efisien.

Bisnis sayuran organik punya pangsa pasar yang menjanjikan. Kamu bisa menjual sayuran organik hasil pertanian yang sudah dilakukan melalui offline dan online. Untuk offline, bisa ditawarkan ke tetangga sekitar.

2. Jual bibit tanaman

Peluang bisnis menguntungkan lainnya adalah menjual bibit tanaman, seperti jual bibit tanaman buah dan sayur. Pilih bibit tanaman yang laris manis, yakni kangkung, cabai, pakcoy, tomat, jeruk, dan lainnya.

Pastikan untuk menjual benih berkualitas baik namun dengan harga murah. Dalam memulai bisnis ini, kamu dapat mempelajari bagaimana cara membudidaya bibit, macam-macam tanaman, riset pemasok bibit, dan lainnya agar usaha tersebut sukses.

3. Budidaya rempah dapur

Banyak rempah dapur yang dipakai agar masakan lebih enak. Selain konsumen individu, ada juga rumah makan, restoran, pelaku usaha katering, dan lainnya yang sangat membutuhkan rempah dapur sebagai bahan dasar makanan yang dijual.

Baca Juga: Ide Bisnis Pertanian yang Bisa Dulang Cuan, Mau Coba?
Panen 30 Kilogram Sayuran Hidroponik Hasil Budidaya dari Atap Masjid RSCM

Kamu dapat menjajal bisnis budidaya rempah dapur ini. Menanam sendiri rempah-rempah, seperti jahe, lengkuas, serai, kunyit, daun jeruk, daun salam, kencur, kayu manis, dan sebagainya.

Hasil panen rempah dapur ini pun dapat dengan mudah dijual kepada pelaku usaha di bidang makanan atau pangan, sehingga bisa menajdi peluang ekonomi baru bagi kamu yang ingin mencobanya. 

Video Terkait