5 Media Tanam Ini Baik untuk Anggrek, Sudah Coba?

Ilustrasi tanaman anggrek. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 9 Agustus 2022 | 03:00 WIB

Sariagri - Anggrek tidak tumbuh seperti tanaman pada umumnya yang hidup dalam pot dengan tanah yang padat. Sebagian anggrek bahkan dapat tumbuh dengan menempel di pepohonan.

Menurut The Spruce, banyak kultivar anggrek dapat tumbuh dalam satu media bahan dan beberapa varietas hanya menyukai bahan tertentu. Selain itu banyak campuran tanaman anggrek berkualitas tinggi yang menawarkan berbagai manfaat, tergantung pada media yang digunakan.

Berikut ini media tanam yang baik untuk anggrek:

1. Potongan Bata

Potongan bata termasuk media tanam yang baik untuk anggrek. Potongan bata dapat menambah berat dan stabilitas pot anggrek yang berat. Bahan tersebut tahan air dan dapat meningkatkan kelembapan anggrek.

2. Sabut Kelapa 

Sabut kelapa termasuk media tanam yang baik untuk anggrek. Seratnya dapat menyerap kelembapan tetapi juga cepat kering sehingga akar anggrek mengalami kondisi pertumbuhan yang lembab tetapi tidak lembek.

3. Batok Sabut Kelapa

Batok sabut kelapa juga termasuk media tanam yang baik untuk anggrek. Batok kelapa terurai perlahan dan memastikan sirkulasi udara maksimum untuk akar anggrek. Banyak penanaman anggrek juga menggunakan plakat serat sekam kakao yang menyediakan substrat baik untuk menanam anggrek di atas tunggangan.

Baca Juga: 5 Media Tanam Ini Baik untuk Anggrek, Sudah Coba?
Dikira Punah Sejak 1902, Ahli Botani Temukan Anggrek Langka di AS

4. Gabus

Gabus termasuk media tanam yang baik untuk anggrek karena kedap air. Campur gabus dengan lumut sphagnum yang menyerap air atau kulit kayu parut untuk campuran anggrek yang ideal.

5. Sterofoam

Anggrek menyukai wadah yang kering dan salah satunya adalah sterofoam. Menggunakan sterofoam dapat menjadi tindakan ramah lingkungan karena mendaur ulang bahan kemasan.

Video Terkait