Bisa Hidup Sampai 200 Tahun, Ini Sederet Fakta Menarik Kaktus

Ilustrasi kaktus. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Kaktus merupakan tanaman yang kini banyak diminati untuk dijadikan tanaman hias. Tumbuhan berduri ini tersedia dalam berbagai warna, bentuk, serta memiliki bunga kaktus yang cantik.

Sebagai tanaman hias, kaktus dari segi perawatannya terbilang cukup mudah. Umumnya yang menjadi hiasan ruangan adalah kaktus yang berukuran mini.

Berikut sederet fakta menarik kaktus yang menarik untuk diketahui.

1. Kaktus berumur panjang

Kaktus dapat bertahan hingga puluhan bahkan 200 tahun lamanya jika dirawat dengan baik dan tepat. Ada lebih dari 1.500 spesies tumbuhan kaktus. Rata-rata tanaman kaktus berusia antara 10 hingga 200 tahun.

Meskipun kaktus tidak membutuhkan perawatan khusus, tapi ada beberapa hal yang membuatnya tidak bertahan lama, seperti faktor penyiraman tanaman, pencahayaan, media tanaman dan temperatur.

2. Bisa menyimpan air dalam jumlah banyak

Untuk mengatasi kondisi kering dan panas, kaktus menyimpan banyak air setiap kali hujan turun atau saat penyiraman. Tanaman kaktus memiliki akar yang dangkal sehingga memungkinkan mereka menyerap air lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya.

3. Stomata kaktus hanya dibuka pada malam hari

Kaktus menghemat air dengan cara membuka stomata di malam hari. Kaktus telah mengadopsi konsep yang oleh para ilmuwan disebut sebagai metabolisme asam crassulacean (CAM).

Stomata berfungsi sebagai pintu masuk dan keluarnya gas dari karbondioksida menjadi oksigen untuk fotosintesis. CAM memungkinkan tanaman hanya membuka stomata pada malam hari atau ketika suhu lebih dingin.

Baca Juga: Bisa Hidup Sampai 200 Tahun, Ini Sederet Fakta Menarik Kaktus
Beragam Jenis Aglonema Hijau yang Cantik Jelita Berserta Cara Merawatnya

4. Duri sebagai pertahanan diri

Duri kaktus bertindak sebagai pertahanan diri dari serangan pemburu liar atau hewan buas. Jika mengenai kulit, duri tersebut akan sulit dihilangkan dan dapat menyebabkan infeksi sekunder. Bahkan beberapa duri dapat menyebabkan cedera di sejumlah area tubuh.

5. Butuh waktu lama untuk berbunga

Bunga kaktus tidak tumbuh dalam waktu singkat. Butuh kesebaran dan ketelatenan untuk bisa menikmati indahnya bunga kaktus. Tanaman kaktus tumbuh lebih lambat dibanding tanaman lain karena tidak mengandung klorofil pada daunnya. Klorofil berperan sebagai tanaman dan mempercepat produksi makanan cepat untuk tanaman.

Video Terkait