Para Ahli Sebut 2 Bahan Alami Ini, Mampu Atasi Kerontokan pada Rambut

Ilustrasi Rambut Rontok (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Rambut rontok menjadi permasalahan yang cukup mengganggu. Bagaimana tidak, kerontokan pada rambut ini membuat penampilan rambut menjadi tidak maksimal sebagian orang.

Pada dasarnya, baik pria ataupun wanita berpotensi mengalami kerontokan rambut. Penyebabnya pun bisa beragam, bisa karena faktor usia, hormon, gaya hidup dan sebagainya.

Bahan alami yang ampuh atasi rambut rontok

Namun jangan khawatir, persoalan ini bukan lagi menjadi masalah besar. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Seperti dirangkum dari akun TikTok Mamima Tiregano yang merupakan dokter kulit di Amerika Serikat, ia memberikan trik untuk mengatasi rambut rontok, diantaranya:

1. Minyak rosemary 

Dalam sebuah percobaan komparatif acak, diketahui minyak esensial sama efektifnya dengan minoxidil 2 persen.

“Saya ingin tahu bagaimana minyak rosemary dibandingkan dengan minoxidil 5 persen,” kata Turegano.

Untuk pengobatan alami, ia mengatakan cukup menjanjikan. Minyak rosemary bisa dipadukan dengan minyak biji labu untuk mendapatkan manfaat keduanya, karena keduanya cocok.

“Biji labu bekerja lebih pada hormon, tapi minyak rosemary meningkatkan sirkulasi, dan itu dapat membantu merangsang dan menyehatkan folikel rambut,” kata Turegano.

2. Minyak biji labu

Sebuah studi membandingkan topikal dengan minoxidil 5 persen (bahan aktif dalam banyak produk penumbuh rambut komersial) untuk efeknya pada kerontokan rambut wanita, sementara minoxidil mengungguli minyak biji labu.

Baca Juga: Para Ahli Sebut 2 Bahan Alami Ini, Mampu Atasi Kerontokan pada Rambut
Manfaat Lemon yang Mujarab Turunkan Berat Badan dan Kecantikan

Tapi para ahli masih melihat pertumbuhan kembali rambut dengan labu.

“Yang menarik dari minyak biji labu adalah ia juga bekerja pada androgen dan banyak yang berperan dalam kerontokan rambut,” kata Turegano.

Lalu bagaimana mengaplikasikannya? Dia merekomendasikan untuk menerapkannya sebagai perawatan tanpa bilas, dioleskan ke kulit kepala, biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari.