Petani Turki Ini Sukses Kembangkan Benih Terong Ungu Berkualitas Ekspor

Petani Turki kembangkan benih terong ungu berkualitas. (hurriyetdailynews)

Editor: Dera - Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Hüsnü Ekiz, seorang petani Turki berhasil mengembangkan benih terong asli wilayah di provinsi K?r?kkale, Anatolia Tengah yang mampu meningkatkan hasil panen hingga tiga kali lipat. Berkat usahanya, terong yang ia produksi kini diekspor ke Italia.

Hüsnü Ekiz, kepala perusahaan yang bergerak di bidang pembibitan benih di provinsi selatan Antalya, memproduksi terong dengan hasil buah yang tinggi dan tahan terhadap penyakit dari benih terong khusus wilayah asli K?r?kkale.

“Hasil benih, yang telah kami upayakan selama enam tahun untuk ditingkatkan, meningkat tiga kali lipat,” kata Ekiz, seraya menambahkan bahwa sekarang benihnya dapat ditanam dan dihasilkan di mana saja berkat upaya mereka.

Ekiz juga menunjukkan bahwa para ahli dari Italia datang dan membeli beberapa benih yang diperbaiki oleh mereka untuk menguji produksi. Ekiz, yang pergi ke K?r?kkale, kampung halaman istrinya, untuk liburan, ingin menanam terong di rumah kaca dan ladang di Antalya karena dia menyukai rasanya.

Namun karena Ekiz tidak mendapatkan hasil yang diharapkan karena tidak tahan terhadap penyakit, ia mulai membiakkan benih yang dibawanya sebagai sampel.

Ekiz percaya bahwa pemuliaan benih akan mencegah masalah akses terhadap pangan. Karenanya, menurutnya hal ini harus menjadi perhatian besar dan petani perlu mendapat dukungan.

Baca Juga: Petani Turki Ini Sukses Kembangkan Benih Terong Ungu Berkualitas Ekspor
Tertarik Manfaatkan Lahan Sempit, Kisah Milenial Bangun Usaha Hidoroponik



Melansir Daily Sabah, perusahaan benih yang dipimpin Ekiz telah terlibat dalam perbaikan kualitas benih selama 60 tahun, dan mereka memiliki lahan pembibitan sayuran yang ditanam di Anatolia di fasilitas seluas 50.000 meter persegi di distrik Serik Antalya.

Perusahaan ini juga memiliki lebih dari 14.000 bahan genetik berbeda dalam tomat dan 36.000 paprika di bank gennya.

Video Terkait