Ini Alasan Kenapa Tanaman di Rumah Terkena Penyakit Jamur

Daftar Nama Tanaman Hias Anti Polutan

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Agar tanaman dapat tumbuh secara optimal, segala cara perawatan tentu saja wajib untuk dilakukan. Salah satu masalah yang umumnya mengincar tanaman adalah serangan jamur.

Penyakit jamur sampai saat ini juga menjadi momok bagi para petani di Indonesia. Siapa sih yang tidak senang jika melihat tanaman yang kita rawat tumbuh sehat dan subur.

Tentunya bagi pecinta tanaman, segala cara akan dilakukan untuk memelihara tanamannya. Meski sudah dirawat, terkadang ada saja masalah yang muncul di tanaman.

Yang paling sering terjadi adalah serangan jamur. Baik tanaman yang ada di luar ruangan atau di dalam ruangan, tidak lepas dari ancaman jamur.

Sebenarnya, penyakit jamur pada tanaman ini terjadi karena beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan. Apa saja ya kira-kira? Berikut ulasannya.

Kenapa Tanaman di Rumah Terkena Penyakit Jamur

1. Buruknya Drainase

Pastikanlah tanaman memiliki drainase yang baik. Aliran air yang tidak berjalan lancar dapat membuat media tanah menjadi lembab. Kondisi lembab dapat menyebabkan jamur tumbuh secara subur.

Buruknya drainase dapat disebabkan oleh ukuran pot untuk tanaman yang tidak tepat, kurangnya lubang drainase pada pot, dan juga tanah yang terlalu padat.

2. Penyiraman Secara Berlebihan

Perhatikan volume penyiraman. Pasalnya, jika tanaman tidak disiram secara tepat atau tidak sesuai aturan maka akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada tanah atau akarnya.

Kadar air perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tanaman. Jika penyiraman dilakukan secara berlebihan dikhawatirkan tanaman akan dalam kondisi lembab yang memicu tumbuhnya jamur serta bakteri.

3. Tidak Memeriksa Kondisi Tanah

Kamu perlu selalu memperhatikan kondisi media tanah. Banyak yang tidak sadar ketika melakukan penggantian tanah untuk tanamannya. Biasanya, jamur dapat terbawa dari tanah yang sebelumnya pernah terkontaminasi.

Biasanya, jamur pada tanaman hias lebih menyukai tempat yang hangat dan lembab. Jika tanaman teridentifikasi diserang jamur, kamu bisa melakukan pengikisan tanah setinggi 2 atau 5 cm dari pot tanaman hias.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Tanaman di Rumah Terkena Penyakit Jamur
3 Perawatan Tanaman Sebelum Ditinggal Liburan

4. Tidak Memperhatikan Sirkulasi Udara

Tanaman hias yang berada di dalam ruangan memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang jamur. Tanaman hias yang berada di dalam ruangan lebih cepat berjamur dikarenakan kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Hal tersebut tentu saja tidak baik untuk tumbuh kembang tanaman. Jika tetap ingin meletakkan tanaman di dalam ruangan, maka pastikanlah tanaman diletakkan pada ruangan dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik. Perhatikan juga udara dalam ruangan agar tidak lembab.

Video Terkait